Zona Berita

Heli Misionaris Ditembak di Puncak Jaya

TIMIKA-Zona Damai: Aksi penembakan oleh kelompok bersenjata tidak dikenal di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, seolah tak pernah berhenti. Berselang sebulan sejak penembakan Pos Maleo di Distrik Tingginambut, kembali terjadi penembakan terhadap Helikopter milik misionaris dengan nomor penerbangan VIDA PK-HME. Heli itu ditembak kelompok sipil bersenjata (KSB) saat melintas di Gurage, kawasan Puncak Senyum, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Selasa siang (26/3/2013).

Informasi yang dihimpun Kompas.com dari Bandara Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, penembakan terhadap helikopter itu terjadi sekitar pukul 11.38 WIT. Helikopter jenis Bell 206 registrasi PK-HME dengan Pilot Andrew Stevensen (Inggris) dan co-pilot Marc Franco (Argentina) ditembaki kelompok bersenjata tidak dikenal di Puncak Senyum sekitar 4 menit setelah take off dari Bandara Mulia. Helikopter ini akan menuju Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Akibat penembakan ini, kaca kokpit pecah terkena peluru tembus ke kaca depan, tetapi helikopter masih dapat melanjutkan penerbangan hingga ke Bandara Wamena. Sementara itu, kru pesawat bersama dua orang penumpang juga selamat.

Sebelumnya, helikopter ini tiba di Bandara Mulia dari Wamena sekitar pukul 11.30 WIT, membawa bahan bakar dan oli untuk pesawat perintis Yajasi.

Terkait kejadian ini, Kepala bidang Humas Polda Papua, AKBP I Gede Sumerta yang dihubungi melalui telepon selulernya mengaku, polisi masih melakukan penyelidikan dan belum dapat memastikan keterkaitan pelaku penembakan ini dengan kelompok sipil bersenjata yang melakukan penembakan terhadap Pos Maleo di Distrik Tingginambut, bulan lalu.

Penembakan terhadap pesawat sudah kali kesekian terjadi di Kabupaten Puncak Jaya. Pada Minggu (8/4/2012) lalu, Pesawat jenis Twin Otter Trigana Air ditembaki saat akan mendarat di Bandara Mulia yang mengakibatkan seorang penumpangnya tewas, serta penembakan terhadap Helikopter MI 17 milik TNI pada Selasa (7/8/2012) lalu, di Kampung Mewuluk, Kabupaten Puncak Jaya. [KOMPAS.com]

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s