Zona Editorial

Sembilan Aktor Dialog Papua

 9 aktor dialogPastor Neles Tebay, Tokoh Papua yang selama ini dikenal intens memperjuangkan Dialog Jakarta-Papua beberapa waktu lalu berujar, bahwa untuk mewujudkan dialog dimaksud, ada 9 (sembilan) aktor yang perlu dilibatkan. Mereka adalah TNI, Polri, TPN-OPM (Tentara Nasional Papua Barat atau Organisasi Papua Merdeka) yang bergerilya di hutan Papua, Orang papua yang ada di Papua, Paguyuban di Papua, Orang Papua yang berada di luar negeri, Investor, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat.

Peraih penghargaan perdamaian dari The Tji Haksoon Justice & Peace Award pada 13 Maret 2013, di Seoul, Korsel itu menyebut sembilan aktor itu perlu diberi ruang berdialog untuk mencapai kata damai di Papua. http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/16/1/138784/Dialog-Papua-Jakarta-Sembilan-Aktor-Perlu-Terlibat

Persoalannya, menyatukan sembilan aktor yang diusulkan Neles Tebay itu bukan persoalan mudah. Mengapa? Karena aspirasi yang mereka perjuangkan tidaklah sama. Bahkan beberapa diantaranya, secara substansi saling bertentangan.

Jika substansi dialog yang digagas oleh Jaringan Damai Papua pimpinan Neles Tebay adalah menyangkut hak dasar Orang Papua, dan secara spesifik adalah hak untuk memiliki pemerintahan sendiri, maka aktor Pemerintah Pusat misalnya (termasuk disini Pemda, TNI dan Polri) sudah jelas NKRI berdaulat dari Sabang sampai Merauke.

Bagaimana dengan aspirasi aktor lainnya?

Sebut saja TPN-OPM. Taruhlah yang mewakili aktor ini adalah Gen. Goliath Tabuni (walaupun nantinya akan diprotes oleh OPM kelompok lainnya). Dalam berbagai kesempatan, Goliath Tabuni menandaskan bahwa TPN-OPM akan tetap eksis memperjuangkan kedaulatan dan kemerdekaan bagi Papua Barat dan tidak ada dialog.

Baru sepekan lalu, tepatnya Jumat (15/3/2013) Goliath Tabuni yang didampingi Sekjen Anton Tabuni mengatakan, “Puluhan tahun kita berjuang ini untuk merdeka, bukan untuk dialog, tidak ada dialog, kita mau hanya merdeka saja”. http://suarakolaitaga.blogspot.com/2013/03/goliath-tabuni-opm-mau-merdeka-bukan.html

Salah satu faksi OPM yang berjuang di jalur politik praktis, yaitu KNPB (Komite Nasional Papua Barat) yang saat ini dipimpin Viktor Yeimo (sebelumnya dipimpin Buchtar Tabuni) memiliki tuntutan yang sedikit lebih lunak, yaitu meminta Referendum ulang. Tuntutan referendum ulang itu sudah berulang kali disampaikan dengan berbagai cara, mulai dari kampanye di media sosial, aksi damai di jalanan, hingga aksi anarkis. Tujuannya sama dengan TPN-OPM, melalui refendum, menuju kemerdekaan Papua Barat.

Tuntutan yang sama juga datang dari para aktivis Papua merdeka di luar negeri. Aktor ini diwakili oleh kelompok Benny Wenda. Melalui lembaga yang dibentuknya, yakni Free West Papua Campaign (FWPC), Benny cs tampak sangat gencar mengkampanyekan Papua merdeka sebagai hak dasar yang dimiliki orang asli Papua.

Sedangkan untuk aktor paguyuban di Papua, ada begitu banyak. Ada kelompok Dewan Adat Papua yang dipimpin Forkorus Yaboisembut, da MRP, MRPB, ada Barisan Merah-Putih pimpinan Ramses Ohee, ada ‘presiden’ Maje Yance Hembring dan ada Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Provinsi, serta ratusan LMA suku A, LMA suku B, C dan seterusnya.

Pastor Neles sendiri pernah mengaku kesulitan menyatukan paguyuban-paguyuban itu dalam satu kepentingan. Mereka benar-benar majemuk. Majemuk bentuknya, majemuk pula kepentingannya. Kemajemukan itulah yang menurut Neles sebagai hambatan untuk berdialog.

Nah, daripada pusing merinci para aktor serta kepentingannya masing-masing, lebih baik kita fokus membangun berbagai aspek kehidupan orang Papua : Pendidikan, kesehatan, ekonomi, demokrasi dan HAM. Kalau semua aspek itu sudah mencapai kondisi yang diharapkan, maka dialog hanya digelar untuk membenahi kekurangan dalam pembangunan, bukan untuk menyetujui atau menolak aspirasi merdeka. [Kompasiana]

http://politik.kompasiana.com/2013/03/25/sembilan-aktor-dialog-papua–545862.html

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s