Zona Foto

Festival Suku Kamoro

img

Zona Damai: Selain Festival Asmat, Festival Lembah Baliem dan Festival Raja Ampat, Festival Suku Kamoro adalah salah satu ‘pesta’ yang diburu wisatawan. Bedanya, Festival Kamoro bisa diadakan beberapa kali dalam setahun karena digelar dengan skala yang lebih kecil. Lokasinya pun berpindah-pindah.

img

Kali ini, festival digelar di Rimba Golf, Kuala Kencana pada 9-10 Maret 2013. Sekitar 40 warga Suku Kamoro bersiap-siap memakai baju dan latihan menari. Festival ini dibuka dengan Tari Kasuari. Tarian ini melibatkan sekitar 30 orang penari. Ada satu orang memakai kostum anyaman sebesar barongsai yang melambangkan burung kasuari. Ada lagi satu pria yang seluruh tubuhnya dicat hitam putih dengan motif bintik-bintik.

img

Dalam tarian ini sekitar 20 pria Kamoro membentuk dua baris panjang. Penari dengan kostum kasuari menari sendiri di barisan paling depan. Di tengah-tengah mereka, pria dengan cat tubuh bintik-bintik dikepung penari lain yang membawa tombak. Pria itu lantas dirangkul dan diarak berkeliling. Begini arti tariannya menurut Kal Muller:

Ada pemuda Kamoro yang jatuh cinta dengan seorang gadis, namun ayah si gadis tidak setuju. Si pemuda lari ke hutan dan menjadi kasuari. Saat dia kembali ke desa, warga tidak mengenalinya dan dia hampir saja diburu. Namun warga akhirnya sadar, inilah pemuda yang lari ke hutan. Pemuda itu kemudian mengajari warga desa Tari Kasuari.

img

Sungguh tarian yang penuh makna bagi warga Kamoro. Namun Festival Kamoro masih punya banyak hal seru. Para mama alias ibu-ibu membuat sagu, membakar ikan dan ulat sagu, serta menyiapkan cacing tambelo untuk dimakan. Sementara yang laki-laki menabuh tifa dan kita bisa ikut berjoget dengan mereka.

sumber : travel.detik.com

 

 

Categories: Zona Foto

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s