Zona Berita

Pemda Asmat dapat apresiasi BPK

Jayapura – Zona Damai : Pemkab Asmat mendapat apresiasi positif dari BPK Perwakilan Papua setelah kemarin, Kamis (21/3/2013) menjadi daerah yang pertama kali menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2012 kepada BPK RI Perwakilan Papua.

Sebelumnya, Pemkab Asmat telah tiga tahun berturut–turut meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK RI. Akhir tahun 2012 lalu, Pemkab Asmat juga menjadi daerah yang pertama kali menetapkan APBD-nya, bukan hanya di tingkat Papua, namun nasional.

Penyerahan LKPD Kabupaten Asmat Tahun 2012 dilangsungkan di ruang kerja Kepala BPK RI Perwakilan Papua di Jayapura, Kamis (21/3/2013) oleh Sekda Kabupaten Asmat, Elisa Kambu, S.Sos di dampingi Kabag Keuangan Asmat Frans Sinurat, S.STP, M.Si, staff Bappeda Asmat, Jamaluddin, S.Sos, dan Plt. Ka. Inspektorat Asmat Majani.

“Ini sebuah prestasi, dan patut kita apresiasi, dan bisa menjadi motivasi untuk daerah – daerah lainnya menyelesaikan LKPD-nya tepat waktu dan sesuai aturan, karena baru Asmat yang bisa menuntaskan LKPD-nya tepat waktu, bahkan lebih cepat, sebelum habis masa waktu yang ditentukan, yakni akhir Maret ini,” kata Dori Santosa, SE, MM Kepala BPK RI Perwakilan Papua usai serah terima dan penanda tangan Berita Acara penyerahan LKPD di Kantor BPK di Jayapura.

“Ada beberapa kriteria utk menentukan opini, kesesuaian dengan standard pelaporan, sistem pengendalian intern, dan beberapa hal lainnya, untuk meraih opini WTP, maka semuanya harus sesuai dengan standar baik secara laporan maupun fisik di lapangan”, katanya ketika ditanya kemungkinan Asmat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebagaimana yang di impikan oleh masyarakat Asmat karena kinerja Pemda Asmat dalam 3 tahun terakhir selalu meraih Wadar Dengan Pengecualian (WDP).

Menurut Kepala BPK Perwakilan Papua, apa yang ditunjukkan oleh  Asmat bisa juga dilakukan oleh daerah lainnya di Papua sepanjang adanya sinergisitas antara SKPD, kesiapan pegawainya, dan yang lebih penting adalah komitmen pimpinan daerahnya untuk menyelesaikan LKPD tepat waktu.

“Ini uang rakyat yang di kelola, jadi harus dipertanggung jawabkan, dan itu sudah menjadi tugas kami sebagai aparatur  negara”, kata Sekda Kab. Asmat.  [Bintang Papua]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s