Zona Berita

Hubungan Indonesia-Timor Leste dan Perdamaian Aceh jadi contoh Bangun Kepercayaan Strategis

Presiden SBY dan Xanana Gusmao dalam Forum JIDD III 2013 di JCC Jakarta. Foto : setgab.go.id

Presiden SBY dan Xanana Gusmao dalam Forum JIDD III 2013 di JCC Jakarta. Foto : setgab.go.id

Oleh : Ricard Radja

Dua hari lalu, (Rabu, 20 Maret 2013),Para pejabat pertahanan dan militer dari puluhan negara menggelar dialog di Jakarta untuk membicarakan strategi dan langkah bersama dalam menghadapi ancaman dan tantangan di kawasan Asia Pasifik dan dunia.

Acara bertajuk “Jakarta International Defense Dialogue 2013” sudah tiga kali digelar di Ibukota RI, dan pertemuan kali ini diikuti sekitar 1.300 peserta dari 38 negara dengan fokus dialog pada masalah “Pertahanan dan Diplomasi di Kawasan Asia Pasifik.”

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika membuka acara tersebut mengatakan antara lain, perlunya membangun kepercayaan strategis antarnegara di kawasan Asia Pasifik.

“Saat dua pihak atau lebih mulai memiliki rasa percaya atas niat dan maksud baik dari pihak lain, maka di situlah muncul kepercayaan strategis. Ini akan memungkinkan mereka untuk kian bekerjasama, saling menanamkan kepercayaan dan juga bersama-sama menerapkan upaya-upaya mewujudkan perdamaian,” kata Yudhoyono.

Sambil didengar oleh Perdana Menteri Xanana Gusmao, Presiden Yudhoyono mengambil contoh bagaimana Indonesia dan Timor Leste kini menggalang kerjasama secara erat setelah keduanya mengalami masa lalu yang sangat sulit dan menyakitkan. Banyak yang tadinya memprediksi bahwa konflik masa lalu bakal membuat hubungan Jakarta dan Dili terganggu secara permanen.

“Namun kami membuktikan bahwa prediksi itu salah. Dengan niat baik dan tekad yang kuat, baik Indonesia dan Timor Leste telah bekerja secara erat untuk menciptakan hubungan yang baru. TNI dan militer Timor Leste bekerja bersama untuk mengatur keamanan perbatasan,” kata Yudhoyono.

Yudhoyono juga memaparkan bagaimana Indonesia mewujudkan perdamaian di Aceh setelah merangkul Gerakan Aceh Merdeka untuk bersama-sama berdamai, apalagi setelah tragedi Tsunami akhir 2004. Setelah melalui perundingan selama sekitar lima bulan, tercapai kesepakatan damai bersejarah setelah kedua pihak tidak lagi bermusuhan melainkan berubah menjadi mitra untuk mewujudkan perdamaian dan pembangunan.

Hubungan Indonesia-Timor Leste dan perdamaian di Aceh, bagi Yudhoyono, menjadi contoh bagaimana kepercayaan menjadi komoditas berharga yang tidak bisa dicapai secara mudah.

Diplomasi Indonesia di Kawasan Pasifik Makin Baik

Pada saat yang sama, seorang Profesor politik asal New Zeland, Jon Fraenkel, dalam wawancaranya dengan Radio Australia (20/03/2013) mengatakan dalam dekade terakhir, Indonesia telah berubah dengan pergeseran ke arah demokrasi serta pengakuan adanya situasi yang rumit dalam sikap kebijakan terhadap posisi Papua Barat dan Papua di Indonesia.

Sikap Indonesia itu setidaknya telah berpengaruh terhadap sikap salah satu negara Asia Pasifik, iatu Vanuatu.  Menurut Profesor dari Universitas Victoria, Wellington ini, Pemerintah Vanuatu belakangan ini telah berubah sikap terhadap gerakan Papua Merdeka dikarenakan meningkatnya diplomasi Indonesia di kawasan pasifik.

Fraenkel mengakui adanya perbedaan pendapat di Papua Barat. Dalam gerakan di Papua ada yang menginginkan otonomi yang lebih luas, yang lebih besar dari sebuah pemerintahan sendiri. Menurutnya, meskipun ada gerakan kemerdekaan yang menguat dan trend Pemilu yang cenderung menunjukan dukungan untuk pembebasan Papua Barat, tetap saja ada pandangan yang berbeda juga tentang bagaimana menyesuaikan diri dan bernegosiasi dengan Jakarta. [Kompasiana]

http://polhukam.kompasiana.com/hankam/2013/03/22/1/539318/hubungan-indonesia-timor-leste-dan-perdamaian-aceh-jadi-contoh-bangun-kepercayaan-strategis.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s