Zona Berita

LUKMEN Usul Dilantik di Mandala

Suasana pertemuan antara Gubernur terpilih LUkmen dengan seluruh Fraksi DPRP di Badan Musyawarah DPRP, Selasa (19/3).Jayapura-Zona Damai : Sidang Paripurna Istimewa pelantikan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua terpilih periode 2013-2018 yakni pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal (Lukmen) akan diselenggarakan di lapangan terbuka, tepatnya di Stadion Mandala Jayapura, 9 April 2013 mendatang.
Rencananya pelantikan akan dihadiri sejumlah menteri. Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Gubernur terpilih Lukas Enembe dengan seluruh fraksi DPRP di ruang Badan Musyawarah DPR Papua, Selasa 19 Maret 2013.

Dalam pertemuan itu Lukas Enembe mengusulkankepada DPR Papua agar bersedia melantik dirinya dan Klemen Tinal di Stadion Mandala.  ”Saya hanya mengusulkan kepada dewan terhormat ini untuk bersedia melantik saya di stadion Mandala, tujuannya agar seluruh rakyat Papua dapat menyaksikannya,’’kata Lukas Enembe.

Atas usulan itu, seluruh fraksi yang ada di DPR Papua yakni fraksi Golkar, Demokrat, PDIP, Pikiran Rakyat dan Pembaharuan menyetujuinya. Dalam pertemua itu, Ketua KPU Provinsi Papua Beny Suweni menyerahkan hasil rapat pleno penetapan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua kepada DPRP.

Usai pertemuan, Lukas Enembe kepada wartawan mengatakan, dirinya menginginkan pelantikan diselenggarakan di Stadioan Mandala Jayapura, agar seluruh rakyat Papua dapat menyaksikannya secara langsung. ‘’Sebenarnya ini bukan hal unik, karena sejumlah kabupaten sudah pernah melaksnaakan pelantikan di lapangan terbuka, namun mungkin untuk tingkat provinsi ini yang pertama kali. Tujuannya adalah agar seluruh rakyat Papua dapat menyaksikan secara langsung, dan disanalah eufhoria kemenangan rakyat berakhir, sebelum mereka kembali ke daerahnya masing-masing,’’ujar Lukas Enembe.

Enembe juga mengungkapkan, dalam prosesi pelantikan itu akan dilaksanakan doa pentabisan serta parade budaya. ‘’Parade budaya berasal dari semua suku, karena setelah saya dipercaya menjadi gubernur, saya adalah milik seluruh rakyat yang ada di Papua,’’imbuhnya.

Sejumlah menteri juga di rencanakan akan hadir dalam acara pelantikan tersebut. ‘’Mendagri, Menkopolhukam serta sejumlah menteri lain akan hadir,’’kata Lukas Enembe.

Wakil Ketua I DPRP Yunus Wonda mengatakan, DPRP sangat mendukung usulan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih diselenggarakan di lapangan terbuka yakni Stadion Mandala Jayapura. “Semua fraksi setuju pelantikan digelar di Stadion Mandala, supaya rakyat dan alam bisa menyaksikannya,’’ucap Yunus.

Menurutnya, kedatangan Lukas Enembe ke DPR Papua guna mengusulkan tempat pelaksanaan di lapangan terbuka merupakan sebuah langkah awal yang baik. ‘’Beliau datang sendiri untuk usulkan tempat pelantikan, sebuah langkah yang baik, pak Lukas paham setelah terpilih sebagai gubernur, dirinya bukan lagi milik golongan, partai tapi milik seluruh rakyat Papua,’’ucap Yunus.

Mengenai hasil pleno penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih, Yunus Wonda mengungkapkan sudah menerimanya secara resmi dari KPU Provinsi. ‘’Surat penetapan sudah resmi diterima DPRP, selanjutnya dalam beberapa hari ini akan dilayangkan ke Presiden melalui Mendagri, agar jadwal pelantikan bisa disesuaikan secepatnya,’’kata Yunus. [Bintang Papua]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s