Zona Editorial

Beda Tour Benny Wenda dan Tour UP4B

 

Benny Wenda

Benny Wenda

Pada saat yang sama, Kepala Unit Percepatan Pembangunan di Papua dan Papua Barat (UP4B) Bambang Darmono berkunjung ke sejumlah negara untuk mendiseminasikan informasi pembangunan yang benar di Papua dan Papua Barat. Bambang antara lain berkunjung ke Inggris, Belanda  dan Amerika Serikat.

Dua jenis tour untuk kepentingan Papua . Yang satu ingin memisahkan Papua dari NKRI, sedangan yang lain justru sebaliknya, mau membuktikan bahwa keputusan politik tokoh-tokoh Papua  50 tahun silam untuk berintegrasi ke dalam NKRI, adalah keputusan yang tepat. Bahwa Pemerintah Indonesia sedang bersungguh-sungguh meningkatkan kualitas hidup orang Papua di segala aspek kehidupan.

Dalam berbagai pertemuan dengan para pejabat di negara-negara sahabat tesebut, Ketua UP4B Bambang Darmono menjelaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya  (UP4B)  memfokuskan diri kepada perbaikan kondisi pendidikan, kesehatan, infrastruktur dasar, pemberdayaan perekonomian rakyat, serta menjalankan program afirmasi atau pemihakan bagi penduduk asli Papua.

bambang dharmono dan dubes inggrisPuluhan triliun dana Otonomi Khusus (Otsus) bagi Provinsi Papua dan Papua Barat telah diejawantahkan melalui alokasi anggaran pemerintah yang cukup besar. Peran UP4B adalah memastikan anggaran tersebut tersalurkan ke dalam proyek-proyek yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Hasil tour UP4B

Hasil kunjungan Ketua UP4B tersebut, kini sudah mulai menuai hasilnya.  Antara lain datang dari negara Paman Sam. Melalui Wakil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Kristen Bauer,  AS menyanggupi untuk mendukung dana sebesar 2,8 juta US Dollar bagi pengembangan pendidikan di kawasan pegunungan Papua.

Senin (18/3/2013), Kristen Bauer bersama Wakil Direktur Misi USAID Derrick Brown, mengunjungi SD Koinonia di Wamena, Papua. Sekolah Dasar ini dipilih menjadi sekolah percontohan membimbing para guru untuk menggunakan buku pelajaran matematika dan Bahasa Indonesia yang disusun oleh Yayasan Kristen Wamena (YKW), sebuah institut pelatihan pengajar yang menerima dana hibah di bawah naungan proyek USAID di Papua.  http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/18/6/139446/AS-Tegaskan-Dukungan-untuk-Pendidikan-di-Papua

Buku paket kontekstual Papua itu telah dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi belajar-mengajar murid-murid di kawasan pegunungan Papua. Keunggulan buku paket tersebut adalah bahwa buku ini memenuhi standar nasional dan menggunakan metode belajar mengajar yang diakui secara internasional. Selanjutnya Bahan ajar tersebut akan segera dbagikan ke  350 sekolah dasar di enam kabupaten di wilayah pegunungan yakni Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Tolikara, Lanny Jaya, Yakuhimo, dan Yalimo.  Kita yakin, setelah ini masih akan terus mengalir bantuan dari negara-negara sahabat untuk meningkatkan kesejahteraan orang Papua.

Hasil toru Benny Wenda

Lantas, apa yang dihasilkan oleh Freedom Tour Benny Wenda? Yang pasti, nama Benny Wenda akan semakin besar, dikenal di seantaro jagat mengalahkan Goliath Tabuni yang memimpin seribu serdadu (TPN-OPM) di pegunungan Papua.

Kalaupun ada uang yang terkumpul dari para donatur, belum tentu Goliath Tabuni dapat jatah untuk sekedar beli beras dan babi bagi pasukannya. Mengingat Benny di London harus menghidupi isteri dan enam anaknya. Biaya hidup di London tentu saja sangat mahal. Sudah 10 tahun lebih Benny dan keluarganya tinggal di sana, dan Pemerintah Inggris tentu saja tidak bisa terus-menerus memberikan bantuan untuk menghidupi Benny dan keluarga. Maka Benny harus kerja untuk menghasilkan uang. Salah satunya dengan menjual isu Papua dari satu negara ke negara lain yang besimpati terhadap OPM.

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s