Zona Wisata

Minat Wisatawan Kunjungi Papua Cukup Tinggi

Foto : travelkompas.com

JAYAPURA–Zona Damai: Minat wisatan asing maupun domestik mengunjungi Papua cukup tinggi, walaupun kondisi Papua sendiri digoyang beberaspa kasus penembakan akhir-akhir ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Wim CH Rumbino, mengatakan, penembakan yang terjadi di Papua tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Papua.

‘’Adanya aksi penembakan yang terjadi di Papua sifatnya hanya situsional, tidak berdampak terhadap kunjungan wisatawan ke Papua,’’kata CH.Wim Rumbino kepada wartawan di Kantor Gubernur belum lama ini.

Ia mengatakan, sesuai data yang ada sampai saat ini kurang lebih 12 ribu wisatawan yang berkunjung ke Papua pada tahun lalu (2012). Dimana wisatawan ini ada yang datang perorangan maupun kelompok seperti menggunakan kapal pesiar.

‘’Jumlah wisatawan yang cukup tinggi berkunjung ke Papua dari Asia, terutama Jepang dan Cina, kemudian turin dari Eropa,’’ Kata Wim Rumbino.

Menurutnya, setiap tahun pasti ada kapal pesiar yang membawa wisatawan masuk ke Papua, tapi ada juga yang berkunjungan ke Papua lewat travel, atau biro perjalanan.

Disinggung mengenai paket-paket wisata yang ditawarkan, Ia mengaku, dunia pariwisata sekarang sudah sangat modern dengan memaksimalkan teknologi canggih. Wisatawan cukup buka internet sudah bisa mengetahui Papua itu bagaimana.

Saat ini kata Rumbino banyak biro perjalanan yang menawarkan paket wisata tujuan ke Papua dalam skala yang banyak seperti wisatawan Jepang.Diakuinya, kunjungan wisatawan dari Jepang dan China banyak untuk berwisawata dan menikmati alam Papua.

Setiap tahun pasti ada peningkatan. Papua masih menjadi salah satu daerah yang diminati wisatawan asing. Dirinya optimistis jika kondisi Papua ke depan makin kondusif, kedatangan wisman terus meningkat.

“Ke depannya mudah-mudahan dapat meningkat lagi, apalgai ada kegiatan-kegiatan pesta budaya di beberapa daerah bakal banyak wisman yang melancong ke Papua nantinya,” demikian Wim Rumbino. [papuapos.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s