Zona Berita

MK Kukuhkan Lukas Enembe Sah Gubernur Papua

Lukas Enembe-Klemen Tinal. (Foto: int)

Jakarta-Zona Damai : Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan sengketa pemilihan gubernur Papua yang diajukan oleh lima pasangan calon dan dua pasangan bakal calon gubernur. Dalam putusan ini, MK menyatakan pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal resmi memenangkan Pilgub Papua 2013.

“Menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya,” ujar Ketua MK Mahfud MD membacakan amar putusan di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (11/3/2013).

Para pemohon sengketa ini adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Habel Melkias-Yop Kogoyo, MR Kambu-Blasius Pakage, Pdt Noakh Nawipa-Johanes Wob, Wellington Lod Wenda-Weynand Belthazart Watory, dan pasangan Alex Hesegem-Marthen Kayoi. Sedangkan dua pasangan bakal calon yang turut mengajukan sengketa ini adalah Barnabas Suebu- John Tabo serta John Janes Karubaba-Willy Bradus Magay.

Lima pasangan calon ini menuduhkan proses Pilgub Papua berjalan dengan penuh kecurangan. Salah satu dalil yang dipakai adalah adanya manipulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sengaja dilakukan oleh pihak KPU Papua. Hal ini dilakukan untuk memenangkan pasangan calon Lukas-Klemen.

Namun demikian, MK menyatakan dalil pemohon tidak dapat diterima. “Dalil tersebut tidak menunjukkan adanya pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif, melainkan hanya bersifat sporadis,” kata Hakim Konstitusi Maria Farida Indrati membacakan pertimbangan.

Sedangkan pasangan bakal calon Barnabas-John serta pasangan Janes-Willy menuding KPU sengaja memberikan perlakuan diskriminatif. Ini lantaran KPU tidak menyertakan dua pasangan ini dalam bursa pencalonan gubernur dan wakil gubernur Papua 2013.

Pilgub Papua ini dimenangkan oleh pasangan Lukas-Klemen yang meraih 1.199.657 suara atau sekitar 52 persen. Urutan kedua diraih pasangan Habel-Yop dengan 415.382 suara atau 18 persen.

Untuk urutan ketiga diraih pasangan MR Kambu-Blasius dengan 301.349 suara atau 13 persen. Urutan keempat ditempati pasangan Noahk-Yohanes dengan 178.830 suara atau 8 persen. Urutan kelima ditempati pasangan Wlington-Wenan dengan 153.453 suara atau 7 persen serta untuk urutan keenam ditempati pasangan Alex-Marten yang mendapat 72.120 suara atau 3 persen. Sedangkan jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 2.713.465 jiwa.[108Jakarta.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s