Zona Ekonomi

Antam akan Garap Tambang Emas di Papua

Jakarta – Zona Damai : PT Aneka Tambang (Antam) Tbk akan menggarap tambang emas di Papua. Saat ini perseroan baru melakukan tahap eksplorasi belum sampai pada eksploitasi.

Direktur Utama PT Antam Tbk Alwinsyah Lubis, perseroan akan menggali emas Papua tepatnya di Oksibil, Kawasan Pegunungan Bintang Papua.

“Eksplorasi itu yang di Papua, tempatnya di Oksibil Pegunungan Bintang Papua,” ungkap Alwinsyah di Kantor Kementerian Perindustrian Jakarta, akhir Februari lalu.

Namun sampai saat ini, Alwinsyah menyebut rencana itu masih tahap proses eksplorasi. “Belum produksi masih eksplorasi,” ujarnya.

Alwinsyah masih tutup mulut soal target dan kapasitas lokasi pertambangan di Papua. “Belum ada estimasi berapa produksi emas di sana. Iya itu baru 2013 kita eksplorasi,” katanya.

Saat ini Antam memiliki area pertambangan emas, antaralain di Pongkor diperkirakan memiliki usia tambang sampai dengan tahun 2019. Selain itu, ada tambang emas Cibaliung yang dikelola oleh anak perusahaan Antam, PT Cibaliung Sumberdaya.

Tambang emas Cibaliung mulai beroperasi di Mei 2010 setelah diakuisisi dari ARC Exploration Australia pada 2009. Tambang emas Cibaliung merupakan tambang emas bawah tanah. Sebelumnya perseroan telah menghentikan seluruh kegiatan penambangan emas di Cikotok pada tahun 2007. [detik.com]

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s