Zona Berita

Ajak OPM Gabung ke NKRI, Anggota TNI Naik Pangkat

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua MM  menyematkan  tanda  pangkat  kepada Kopral Paus Kogoya, Anggota  Babinsa Korem 172/PWY  ketika  Kenaikan Pangkat Luar Biasa di Lapangan Upacara Markas Kodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Senin.

Pangdam Cenderawasih memberikan kenaikan pangkal luar biasa kepada Kopral Paus Kogoya dalam Upacara KPLB di Markas Kodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Senin (11/3/2013)

JAYAPURA – Zona Damai : Kopral Paus Kogoya, Anggota  Babinsa Korem 172/PWY Kodam XVII/Cenderawasih, dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula menjadi Sersan Dua (Serda). Kopral Paus Kogoya naik pangkat atas keberhasilannya mengajak  Kepala Staf Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka Papua Barat (TPN OPM PB, beserta anggotanya untuk bergabung kembali ke NKRI,  pada upacara upacara sekaligus pelaksanaan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dengan  Inspektur Upacara Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua MM  di Lapangan upacara Markas Kodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Senin (11/3/2013).

Upacara KPLB  kepada Kopral Paus Kogoya, NRP 568783, Babinsa Korem 172/PWY Kodam XVII/Cenderawasih, sesuai dengan Skep Kasad Nomor : Kep/64/III/2013, tanggal 5 Maret 2013 tentang penetapan KPLB kepada prajurit TNI AD atas nama Paus Kogoya untuk dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula menjadi Sersan Dua (Serda) terhitung mulai tanggal 6-3-2013. Prestasi tersebut karena berhasil mengajak saudara kita Daniel Kogoya beserta anggotanya untuk bergabung kembali ke NKRI. Daniel Kogoya merupakan salah satu tokoh sentral TPN OPM PB,  dengan  jabatan terakhir  Kepala Staf TPN OPM PB.

“Siapapun pasti tahu betapa sulitnya mendekati dan mengajak para tokoh sentral OPM untuk kembali ke NKRI. Namun dengan tekad yang kuat Kopka Paus Kogoya melalui komunikasi sosial yang konstruktif terus diupayakan agar saudaranya Daniel Kogoya dan pengikutnya kembali untuk dapat hidup dengan aman, damai, dan tak hidup dalam pengejaran aparat keamanan, karena dinilai separatis”  ujar Pangdam.

Berkenaan dengan itu, selaku Pangdam XVII/Cenderawasih dan pribadi, Mayjen TNI Drs. Christian Zebua MM menyampaikan ucapan “Selamat” kepada Sersan Dua Paus Kogoya atas KPLB  yang diberikan oleh negara. “Semoga kenaikan pangkat ini dapat memberikan motivasi, inspirasi bagi seluruh prajurit Ksatria Pelindung Rakyat dalam meningkatkan kinerja dan pengabdian kepada bangsa dan negara,” tuturnya.

Kata  Pangdam,  KPLB  dalam organisasi militer merupakan penghargaan yang diberikan oleh negara atas prestasi dan dedikasi luar biasa yang dilakukan prajurit melebihi tugas dan tanggungjawabnya.  Hal tersebut telah ditunjukan oleh Sersan Dua Paus Kogoya selama menjalankan tugas. KPLB ini memang bukan diperoleh secara otomatis, melainkan melalui proses penilaian yang objektif terhadap kinerja luar biasa yang telah dilaksanakan dalam tugas. Oleh karena itu, sudah sepatutnya disyukuri dan tunjukkan rasa syukur tersebut dengan kinerja terbaik dalam menghadapi tugas-tugas ke depan, karena makin tinggi pangkat yang disandang, maka akan makin tinggi pula tanggung jawab yang akan diembannya.

Pangdam mengatakan, secara umum situasi keamanan di Papua saat ini dalam kondisi yang kondusif. Dikatakan demikian karena sampai saat ini segenap perangkat pemerintahan masih tetap tegak berwibawa, mampu melakukan tugas dan fungsinya serta kegiatan kemasyarakatan secara normal. Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja keras dari seluruh prajurit Kodam XVII/Cenderawasih.

Karenanya, ujar Pangdam,  pihaknya  memberikan apresiasi dengan tulus kepada seluruh prajurit Ksatria Pelindung Rakyat,  sesungguhnya kita memiliki kemampuan untuk mewujudkan masyarakat Papua yang aman, damai dan memiliki kesadaran serta kepatuhan terhadap  hukum. Mencermati hal tersebut Pangdam menekankan kepada para prajurit Kodam XVII/Cenderawasih, untuk selalu bersikap dan berprilaku  sebagai prajurit Sapta Marga yang paham betul akan Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, serta menghindari pelanggaran prajurit. [Bintang Papua]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s