Zona Berita

Pembangunan Kawasan Perbatasan Perlu Payung Hukum

ABEPURA-Zona Damai : Bupati Keerom Yusuf Wally SE, MM mengusulkan kepada  UP4B agar mendorong pemerintah menetapkan kawasan perbatasan dengan peraturan yang jelas. Kementerian atau lembaga yang menangani masalah perbatasan hingga kini belum bekerja maksimal dalam mengurusi persoalan perbatasan.

“Apa yang dilakukan masih kurang “menggigit” bahkan cenderung tidak memberi arti bagi pembangunan kawasan”, ungkapnya.

Usulan bupati itu disampaikan kepada Waka UP4B Fonataba dalam sebuah pertemuan di Abepura Kabupaten Jayapura, Jumat 8/3. Menurut Yusuf Wally, usulan yang dimaksud adalah menyangkut “payung hukum”. “Kami berharap pemerintah bisa menetapkan peraturan yang mengatur tata kelola kawasan perbatasan. Dalam konsep dan strategi yang jelas. Jangka panjang, kawasan ini akan jadi apa?”, katanya.

Ia berharap dalam aturan nanti ada pembagian yang jelas, antara pusat, provinsi, kabupaten/kota. Tapal batas perbatasan disebutkan juga masih asal-asalan, mana batas wilayah RI dan mana batas PNG. Pelintas batas tradisional dari PNG setiap hari lalu lalang, ada yang  sekedar berkunjung ke keluarga, bahkan ada yang mencari penghidupan di wilayah kita. Penduduk juga belum tahu persis mana tapal batas wilayah yang sesungguhnya antara garis perbatasan RI-PNG. Mereka hanya bisa mengira-ira wilayah perbatasan.

Dalam mempertahankan dan menjaga wilayah perbatasan di Keerom,  telah terdapat satuan Pamtas (pengamanan perbatasan) dari batalyon TNI-AD.  Pemerintah kabupaten juga telah membangun 5 check point dan sebuah entry point sepanjang perbatasan.  Untuk menghubungkan antar check point, juga sudah dibangun jalan koneksi  menuju jalan utama. Entry point dibangun di Distrik Waris dengan model mirip perbatasan Skouw, dilengkapi rumah petugas perbatasan, diantara untuk petugas bea cukai, imigrasi dan kantor polisi.

“Kami ingin masyarakat perbatasan lebih diberdayakan menjadi lebih sejahtera. Masyarakat yang sejahtera akan memberikan daya dukung bagi penguatan pengamanan pamswaskarsa wilayah perbatasan”, tambahnya.

(Sumber : Media Center UP4B)

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s