Zona Berita

Merauke Pantas Jadi Provinsi

M. Manufandu Merauke – Zona Damai : Mantan Duta Besar Indonesia untuk Kolombia, Michael Manufandu mengatakan, dari aspek politik dan keamanan serta letak geografis yang berbatasan langsung dengan dua negara yakni Papua New Guinea dan Australia, Merauke layak dimekarkan menjadi Provinsi Papua Selatan.

Selain itu, masalah luas wilayah yang tiga kali dari Pulau Jawa juga menjadi catatan tersendiri bahwa Merauke harus dikembangkan dari tingkat kabupaten menjadi sebuah provinsi.

“Dari segi luas saja sudah menjadi masalah,  karena luas itu yang menyebabkan isolasi yang luar biasa. Namun jika kita lihat perubahan sosial yang diakibatkan oleh migrasi dan transmigrasi yang diprogramkan Pemerintah itu sesuatu yang positif dan memberikan dampak baik bagi Merauke,” kata Michael Manufandu saat bincang-bincang soal pemekaran Provinsi Papua Selatan, kemarin.

Tak hanya luas wilayah dan keberadaan yang strategis karena sebagai beranda ujung Timur NKRI, Merauke juga memiliki lahan yang begitu subur sehingga perlu dikelola secara modern dan intensif. Lantas, tidak menutup kemungkinan Merauke menjadi lumbung pangan Papua saja, namun juga secara nasional.

“Nah, berdasarkan pertimbangan-pertimbangan itu Merauke sudah pantas menjadi provinsi. Hanya saja yang jadi persoalan  bahwa apakah syarat-syarat untuk pemekaran provinsi itu  sudah dipenuhi atau belum?” tanyanya.

Masih dijelaskan Michael, dalam UU nomor 46 tahun 1999 yang dibatalkan, dimana pemerintah membagi Papua menjadi tiga provinsi, yakni di wilayah timur, tengan dan barat. Namun hal itu tidak direalisasikan karena  ada banyak kalangan yang meminta agar pembagian provinsi berdasarkan budaya atau suku.
“Kalau berdasarkan budaya atau suku itu tidak bagus, karena seperti yang sekarang terjadi, kita bangun 40 kabupaten berdasarkan suku akhirnya perkembangan kurang. Tetapi kalau  ada mix (campuran) itu akan mendorong percepatan. Kan orang berintegrasi itu dia akan belajar dari satu sama yang lain sehingga timbul yang namanya mutualis simbiosis, saling menguntungkan dan membangun bersama,” bebernya.

Lebih jelas persyaratan pemekaran provinsi yang harus dikantongi, dimana wilayah tersebut harus memiliki lima kabupaten atau empat kabupaten dan satu kota madya.
“Ini ketentuan hukum kalau ada lima kabupaten sudah bisa memenuhi syarat menjadi satu provinsi. Nah sekarang tinggal bagaimana kita berusaha supaya ada satu kabupaten lagi,” ujarnya.

Di bagian lain, soal Papua yang dibagi menjadi Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua Utara, menurut Michael, pembagian seperti itu dinilai kurang tepat karena akan memberikan interaksi yang kurang baik.

“Merauke sendiri tidak ada masalah, sebenarnya bisa menambahkan Kabupaten Mimika karena secara cultural, orang-orang Komoro punya hubungan kesamaan dengan orang Marind.  Tetapi itu tidak mungkin sehingga harus tambah satu kabupaten di wilayah ini,” paparnya.

Selanjutnya Pemerintah Pusat pastinya sudah menyadari Merauke harus dimekarkan karena kalau masih berkutat di tingkat kabupaten, Merauke tidak akan membawa perkembangan baru bagi daerahnya.
“Dilihat dari usia kota Merauke juga lebih tua dari kota Jayapura, tapi perkembangannya bagaimana? Lebih maju Jayapura karena dia ada di provinsi. Jadi seperti itu, bahwa Merauke harus segera didorong menjadi Provinsi Papua Selatan,” tandasnya. [Bintang Papua]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s