Zona Berita

Prasasti Perdamaian Dunia Dibangun di Papua

 

Hudi Wantoro dari The World  Peace Committee Asia Pasifik

Hudi Wantoro dari The World Peace Committee Asia Pasifik

JAYAPURA-Zona Damai: Komite  Perdamaian Dunia (The World  Peace Committee) akan membangun Prasasti  Perdamaian Dunia di Papua, tepatnya di Timika. Peletakan  batu  pertama  akan dilakukan  Menkopolhukam  Joko  Suyanto, Sabtu, (26/1/2013).

Demikian disampaikan  Kepala  Divisi  Pengembangan Wilayah Asia  Pasific dan Oceeania Departemen Komunikasi The World  Peace Committee Hudi Wantoro kepada Bintang Papua di Jayapura, Senin (21/1/2013). Dia  mengatakan, pihaknya  juga  merencanakan membangun jalan Perdamaian Dunia di lokasi   yang sama   yang akan diresmikan Penjabat Gubernur Papua  drh.  Constan Karma.

Dia memaparkan, prasasti   perdamaian ini direncakan dibangun setinggi 21 meter, yang mana pondasi pertama setinggi 5 meter berisi pesan-pesan dari para pimpinan Indonesia tertinggi sampai terendah. Misalnya, Presiden RI, pejabat lembaga tinggi negara, tokoh masyarakat, pengusaha, budayawan, seniman, kepala desa bahkan artis.

“Harapannya kalau semua komponen berkomitmen untuk menciptakan kedamaian, bisa diyakini pasti akan tercapai,” katanya.

Untuk pondasi kedua setinggi 4 meter, lanjutnya, berisi tulisan para suku ditambah dengan telapak tangan. Tulisan itu dimaksudnya untuk mengajak 267 suku besar agar bersama-sama menciptakan kedamaian di Papua.

“Kalau dilihat dari luar Papua sangat indah,” ujarnya.

Pondasi Tahap ketiga, kata dia,  berisi pesan-pesan dari berbagai bahasa di Indonesia, baik itu bahasa daerah Aceh hingga bahasa daerah di Papua, yang terdiri dari berbagai suku.
“Kalau bahasa bisa dijadikan suatu simbol, maka Prasasiti ini bisa digunakan untuk pusat peradaban manusia,” tuturnya.

Disinggung jangka waktu pembangunan, Hudi mengemukakan bahwasanya menyusul letak lokasi Prasasti yang stategis dekat Pelabuhan diperkirakan bisa memakan waktu 4 hingga 5 bulan. Sementara biaya sendiri ditafsir mencapai miliaran rupiah.

Dia menambahkan,   Komite Gong Perdamaian Dunia saat ini sudah membangun 46 prasasti di 46 negara. Sementara di Indonesia sendiri telah membangun 4 prasasti, masing-masing di Ambon, Kupang, Jepara, Yogyakarta dan Taman Perdamaian Dunia di Bali seluas 80 hektar dengan dilengkapi patung para tokoh international.

Dia  mengatakan,  Komite Gong Perdamaian Dunia adalah suatu lembaga international  yang dideklarasikan di Jenewa Swiss dengan anggotakan 202 negara. Komite ini beranggotakan masyarakatnya, maupun pimpinan negara. [Bintang Papua]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s