Zona Berita

Semua Komponen Masyarakat Diharapkan Dukung Natal Aman dan Damai

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. M. Tito Karnavian, MA memasang pita tanda pelaksanan operasi kepada salah-satu anggota ketika apel gelar pasukan Operasi Lilin 2013 di Lapangan Karang PTC, Entrop, Jumat (21/12/2012)

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. M. Tito Karnavian, MA memasang pita tanda pelaksanan operasi kepada salah-satu anggota ketika apel gelar pasukan Operasi Lilin 2013 di Lapangan Karang PTC, Entrop, Jumat (21/12/2012)

JAYAPURA—Zona Damai: Semua komponen masyarakat diharapkan mendukung pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun  Baru sehingga tercipta suasana aman, nyaman dan damai.

Demikian diutarakan Kapolri Jenderal Pol  Drs. Timur Pradopo  yang  dibacakan Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. M. Tito Karnavian, MA yang diikuti oleh aparat keamanan baik unsur TNI/Polri, SAR dan Basarnas serta Mitra Polri lainnya  di Jayapura  ketika  Apel  Gelar Pasukan Operasi  Lilin 2013 Pengamanan  Natal dan  Tahun Baru di Lapangan Karang  PTC, Entrop, Jumat (21/12/2012.

Menurut Kapolri,  hari Natal adalah hari raya besar bagi  umat Kristiani yang dilalui dengan berbagai bentuk peribadatan dan perayaan.   Selanjutnya juga Tahun Baru akan diisi dengan berbagai macam hiburan dan mobilititas massa yang terkonsentrasi pada titik-titik tertentu.

“Momen penting kedua agenda ini berlangsung bersamaan waktunya dengan liburan sekolah oleh karena itu dimungkinkan akan lebih meningkatnya mobilitas dan intensitas kegiatan terutama di tempat-tempat hiburan, kota-kota, jalan-jalan dan lain-lain,” ujarnya.
Situasi ini tentu akan menyimpan potensi gangguan dan kerawanan. Sesuai analisa pelaksanaan Operasi Lilin di seluruh wilayah Indonesia selama dua tahun terakhir, komparasi data menunjukkan trend peningkatan yang cukup signifikan terutama kasus-kasus perkelahian, penganiayaan, terorisme, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, penembakan dan lain-lain.

Dikatakannya,  pelaksanaan Operasi Lilin 2012 digelar selama 10 (sepuluh) hari yang akan digelar sejak tanggal 23 Desember 2012 hingga 1 Januari 2013. Kegiatan ini merupakan operasi kemanusiaan yang mengedepankan tindakan preventif didukung kegiatan deteksi dini dan tindakan penegakan hukum sebagai upaya penegakan hukum terakhir.
Dia mengatakan,  target  Operasi Lilin ini antara lain. Pertama,  terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi  masyarakat dalam rangka menjalankan aktivitas baik saat ibadah, berwisata maupun kegiatan lainnya. Kedua, terwujudnya keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran arus lalu-lintas khususnya titik-titik rawan kemacetan lalu-lintas. Perlu juga disiapkan penanggulangan bencana alam,
Sebagai sambutan terakhirnya Kapolri menekankan agar pertama, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tunjukkan komitmen moral serta etos kerja, sekali lagi operasi ini adalah operasi kemanusiaan agar sedapat mungkin memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat melalui dukungan keamanan agar masyarakat menikmati perayaan Natal dan Tahun Baru ini.

Kedua, optimalkan peran intelijen dan Babinkamtibmas khususnya dalam rangka deteksi dini karena ini sangat penting untuk menghidari terjadinya insiden yang berakibat berbenturan dengan aparat.
Tingkatkan pengamanan, pengawasan dan kewaspadaan terhadap aksi teror yang mungkin memanfaatkan momentum Natal dan Tahun Baru. Bertindak secara tegas, namun santun dan humanis sehingga tidak mengedepankan kekuasaan, kewenangan tapi mengedepankan etika sehingga tidak terkesan arogan.

Sementara itu,  Kapolda menyatakan,  pelaksanaan apel kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk mengecek kesiapan pengamanan yang akan dipersembahkan kepada masyarakat khususnya yang merayakan Natal dan juga yang akan melaksanakan aktivitas lainnya saat menyambut Tahun Baru.

“Untuk masyarakat yang akan mengguanakan fasilitas penerbangan dan yang lainnya, kami  telah memerintahkan kepada Kapolres Jayapura dan Kapolres  Jayapura  Kota untuk berkoordinasi dengan pihak perusahaan agar tak memanfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan berlipat-ganda,” imbuhnya. [Bintang Papua]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s