Zona Editorial

Pesan Damai Natal dari Bumi Cenderawasih

maskot NATAL

Zona Damai: Akhir pekan lalu, tepatnya hari Jumat (14/12/2012)sejumlah kelompok organisasi pemuda Gereja di Jayapura, Papua melakukan pawai Sinterklas, berkeliling hingga pinggiran kota dengan mobil dan sepeda motor untuk mengunjungi sejumlah anak-anak kecil. Sinterklas yang ditemani seorang peri beserta sejumlah Pit Hitam, yang memegang pentungan dan karung kecil untuk menakuti anak-anak yang nakal, menjadi tontonan menarik bagi warga kota Jayapura dan sekitarnya. Kegembiraan tampak tersirat pada wajah para orang tua yang anaknya dikunjungi rombongan Sinterklas. http://www.fajar.co.id/read-20121214122916-pawai-sinterklas-semarakkan-natal-di-papua

Kendati ini bukan asli budaya lokal, tetapi di dalamnya tersirat pesan mulia agar anak-anak Papua bisa menyambut perayaan Natal dengan hati gembira dan penuh damai.

Sementara itu bagi para orangtua, Polda Papua telah memberikan jaminan keamanan sekaligus himbauan kepada seluruh warga Papua agar tidak menodai momentum Natal dengan aksi-aksi kekerasan. Untuk itu, Polda Papua akan menggelar operasi ketertiban, khususnya di titik-titik rawan, agar warga Papua bisa merayakan Natal dalam suasan damai.

Di wilayah Jayapura, menurut Kapolresta Jayapura, Papua, AKBP Alfred Papare, pihaknya akan melibatkan remaja dan pemuda mesjid untuk ikut menjaga Gereja.

Bagi-bagi Bingkisan Natal

Di wilayah perbatasan Sarmi, Polres setempat melakukan aksi simpatik dengan cara membagi-bagikan bingkisan Natal berupa sembako kepada warga Sarmi. Bingkisan itu berasal dari Polda Papua yang akan disalurkan ke kabupaten-kabupaten, untuk selanjutnya diserahkan langsung oleh masing-masing kapolres kepada warga.

“Bukan besar kecilnya bingkisan yang dilihat, tapi bagaimana lewat kegiatan tersebut bisa ada kebersamaan yang tumbuh antara kepolisian sebagai pihak keamanan dengan warga masyarakat, guna menciptakan suasana aman, tentram dan damai secara khusus di Kabupaten Sarmi”, ujar Kapolres Sarmi AKBP Tagor Hutapea dalam sambutannya pada pembagian bingkisan kepada warga Kampung Kasukwe, Siara Tesa, Sawar, Bagaiserwar, Bagaiserwar II, Kampung Sarmo, hingga kawasan perbatasan Kabupaten Sarmi dan Jayapura.

Natal dan Proses Pilgub

Sejalan dengan itu, Ketua Umum Barisan Merah Putih Papua yang juga  Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Jayapura,  Ramses Ohee mengharapkan agar tidak ada pertikaian di hari Natal. Apalagi perayaan Natal tahun ini bersamaan dengan proses pemilihan gubernur Papua yang telah meningkatkan suhu politik di wilayah itu.

“Dalam rangka itu saya sebagai orang tua  dalam kesempatan ini menghimbau kepada seluruh masyarakat dan kandidat untuk sama-sama berjabat tangan dalam membuat suatu kesepakatan  entah orang tua, orang muda, lembaga perwakilan dan semua yang ada termasuk Pemerintah, sipil, tentara, Polri, harus kita pegang tangan buat satu kesepakatan bahwa kita mampu mengamankan Provinsi Papua atau Tanah Papua ini sebagai bagian dari NKRI,” pinta Ohee penuh harap. http://www.bintangpapua.com/headline/29830-keamanan-itu-nomor-satu-

Kalau warga Papua dapat menjaga suasana damai selama perayaan Natal, saya sangat yakin aparat kemanan tidak akan melakukan penangkapan. Memang sudah menjadi tugas mereka untuk melakukan berbagai upaya penegakan hukum. Namun mereka sangat menghormati hak warga untuk merayakan hari besar keagamaan seperti Natal ini. Kendati demikian, jika ada gangguan keamanan semisal aksi penembakan atau aksi kekerasan lainnya, tentu mereka dengan sigap akan mengambil tindakan tegas untuk memberikan rasa aman dan damai kepada warga lainnya yang tengah merayakan Natal. Salam Damai….. [Kompasiana]

http://regional.kompasiana.com/2012/12/19/pesan-damai-untuk-merayakan-natal-dari-bumi-cenderawasih-512246.html

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s