Zona Berita

Ramese Ohee: Keamanan itu, Nomor Satu !

Ramses Ohee (Inilah.com)

Ramses Ohee (Inilah.com)

JAYAPURA- Ketua Umum Barisan Merah Putih Papua yang juga  Ketua Lembaga Masyarakat Adat, LMA Kabupaten Jayapura,  Ramses Ohee menyatakan,  masalah keamanan di Tanah Papua menjadi hal yang nomor satu dan utama. Pasalnya, tanpa keamanan, proses pembangunan tidak bisa berjalan, termasuk pesta demokrasi  yaitu Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur yang akan segera di laksanakan.

“Saya harap kita perlu membuat suatu kesepakatan yang benar- benar menjamin seluruh kehidupan masyarakat di seluruh Tanah Papua, dari segi Keamanan, Keamanan kita utamakan,   dan nomor satukan, karena masa depan Papua harus dibangun di atas hati yang damai dan penuh sukacita setiap insan Indonesia yang berdomisili di Provinsi Papua. Jadi kita bertanggung jawab semua,  baik Pemerintah, Pihak Adat, pihak Agama, bersama sama dengan lembaga perwakilannya,  termasuk eksekutif dan legislatif .
“Demikian juga Majelis Rakyat Papua sebagai lembaga kultur Adat di Tanah Papua ini harus bertanggung jawab penuh terhadap keamanan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada di Provinsi Papua,” ungkap RamsesOhee dalam Jumpa Pers di kediamannya di Waena, Jayapura, Selasa ( 18/12/2012).

Ramses Ohee mengungkapkan, Ia sangat mengharapkan, semua kandidat gubernur dan wakil gubernur yang lolos dan tidak lolos tetap mereka itu sebagai Putra bangsa asal Papua  dan insan bangsa Indonesia ini yang bertanggung jawab terhadap amanat bangsa,  mulai dari daerah kita sendiri yakni Provinsi Papua. Kita bersama sama bertanggung jawab  karena kandidat sebagai Anak Adat di Tanah Papua yang calonkan diri sebagai pimpinan kepala daerah di Provinsi Papua ini. “ Saya harap,  anda pergunakan hak pilih seluruh rakyat Indonesia yang ada di Papua ini,  dalam melaksanakan anda punya rencana dan tekat untuk merebut kursi nomor satu dan nomor dua,”katanya. Ia mengajak baik kandidat dan seluruh masyarakat Papua sebagai yang memilih dan kandidat sebagai yang dipilih wajib menjaga keamanan dan damai hinga waktu pelaksanaan Pilgub.

Ketika ditanya terkait sinyal sinyal yang menyatakan Pilgub nanti,  Papua tidak aman, namun hal ini tak ditanggapinya, Ramses Ohee justru menyatakan, dalam sebuah pertarungan  seperti pertandingan bola kaki, ada kalah dan ada menang, fakta yang kalah juga  biasa tak menerima kekalahan, hal sama juga terjadi dalam pelaksanaan Pilkada gubernur, dari antara kandidat yang maju pasti ada kalah dan ada menang.
“Dalam rangka itu saya sebagai orang tua  dalam kesempatan ini menghimbau kepada seluruh masyarakat dan kandidat untuk sama sama berjabat tangan dalam membuat suatu kesepakatan  entah orang tua, orang muda, lembaga perwakilan dan semua yang ada termasuk Pemerintah, sipil, tentara, Polri, harus kita pegang tangan buat satu kesepakatan bahwa kita mampu mengamankan Provinsi Papua atau Tanah Papua ini sebagai bagian dari NKRI,”harapnya.

Dikatakan,  jangan sampai rasa ketidakamanan nantinya menjadi cerita  tentang Papua di seluruh negara  republik ini. “ Itu yang saya harapkan,” ungkap Ramses.

Ketika ditanya juga sehubungan dengan persaingan antar kandidat yang berpeluang konflik, ia mengharapkan agar tidak ada lagi pertumpahan darah di Tanah Papua.

“Saya mau berpesan kepada semua masyarakat di Tanah Papua, saya tidak mau lihat ada orang Papua  saling membunuh,  baik mereka yang berasal dari gunung maupun lembah, tidak, Saya bicara ini bahwa tidak ada pertikaian di hari Natal ini. Semua dibuang, kita mengakui bahwa kita ada di satu pulau yang namanya Papua. Saat ini di Papua ada dua kamar, Papua dan Papua Barat. Sekarang kita mau laksanakan Pilkada di kamar yang satu ini, maka semua penghuni di kamar ini saya harapkan berdamai satu sama lain. Lalu, laksanakan satu kepentingan bersama yaitu perlu ada pemimpin di Provinsi Papua. Kita harus sadar bahwa masyarakat harus dibimbing oleh seorang pemimpin dalam kasih sayang Tuhan yang kita utus. Namun Tuhan juga bekerja untuk seorang itu. Kita yakin, karena Papua khusus di provinsi ini, saya harap tidak boleh hasut menghasut antara Partai, kandidat, atau siapapun kandidat bukan milik parpol melainkan mereka milik rakyat Papua. Semua kandidat juga diminta untuk menjaga keamaan diantara pasangan kandidat masing masing”. pinta Ohee penuh harap.  [Bintang Papua]

 

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s