Zona Berita

Papua Butuh Pemimpin Seperti Jokowi

TIMIKA -Zona Damai: Tokoh Pemuda Mimika, Decky Mirino mengungkapkan Provinsi Papua saat ini membutuhkan sosok pemimpin seperti Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

Soalnya, Jokowi menurut Decky rela mendekat kepada rakyat dan tanggap terhadap berbagai masalah yang dihadapi warganya. Karenanya, pemimpin seperti Jokowi diperlukan untuk membangun Papua yang masih terbelakang dalam segala hal.

“Pemimpin seperti Jokowi itu yang dibutuhkan Papua saat ini. Ia tidak pernah memberi janji dan mengiming-imingkan sesuatu kepada rakyat, tapi dia punya hati untuk turun ke tengah rakyat dan merasakan langsung apa yang rakyat butuhkan,” kata Decky di Timika, Senin (17/12/2012).

Meski sulit mendapatkan pemimpin seperti Jokowi di Papua, Decky berharap enam pasang calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Papua periode 2013-2018, yang akan bertarung dalam Pemilukada Papua, pada 29 Januari 2013, bisa meniru pola kepemimpinan Jokowi.

Decky mengatakan orang Papua saat ini tidak lagi hidup primitif dan lebih dewasa, dalam menyikapi berbagai isu baik politik, ekonomi, sosial dan budaya. Para pemimpin yang ikut dalam bursa Pemilukada Papua, katanya, tidak perlu mendikte rakyat dan membujuk atau merayu dengan janji-janji manis, gula-gula politik, apalagi bagi-bagi uang.

“Para calon gubernur dan wagub Papua harus bisa mengukur diri mereka sejauh mana selama ini mereka berbuat untuk rakyat. Apakah selama ini rakyat di daerah yang mereka pimpin sudah puas dengan karya yang mereka kerjakan atau justru sebaliknya rakyat sesungguhnya sudah tidak simpatik dan memiliki harapan terhadap mereka,” papar Decky.

Menurutnya, panggilan menjadi seorang pemimpin bukan semata karena memiliki harta dan uang banyak, atau karena dukungan partai politik, tetapi karena memiliki hati untuk mau melayani rakyat dengan berbagai risiko. “Pilkada DKI Jakarta baru-baru ini sesungguhnya telah memberikan pelajaran politik yang sangat penting untuk kehidupan berbangsa dan bernegara bahwa kekuatan uang dan dukungan parpol tidak menjadi ukuran,” kata Decky. [REPUBLIKA.CO.ID]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s