Zona Berita

Kekerasan di Papua, Polisi Tangkap 6 Orang

Kapolri Jendral Pol Timur Pradopo

Jakarta-Zona Damai: Kepolisian sudah menangkap enam orang yang diduga terkait dengan penyerangan terhadap rombongan Kapolda Papua Irjen Tito Carnavian, Rabu 28 November 2012 lalu. Dalam penyerangan yang berujung baku tembak itu, satu kelompok bersenjata ditembak.

“Semua akan kami proses sesuai hukum. Masih penyelidikan,” kata Kapolri Jenderal Timur Pradopo dalam acara peringatan HUT Direktorat Kepolisian Perairan Polri, Senin 3 Desember 2012.

Aksi baku tembak terjadi antara pasukan polisi dan TNI di daerah antara Pirime dengan Tiom ibukota Kabupaten Lany Jaya Papua, Rabu 28 November 2012, sekitar pukul 18.00 WIT. Pimpinan masing-masing angkatan, yaitu Kapolda Papua Irjen Tito Carnavian dan Asintel Kodam Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Napoleon, turut terlibat dalam insiden tersebut.

Selain itu, Kapolri juga mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut yang telah membantu pengamanan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2012. “Tentunya kami dibantu TNI, dan 1 Desember kemarin aman. Terima kasih juga pada masyarakat Papua,” ucap Kapolri.

Hari ini, baku tembak kembali terjadi di Papua, antara aparat gabungan TNI-Polri dengan kelompok sipil bersenjata  di Jalan Bokon Distrik Tiom Lany Jaya Papua, sekitar pukul 08.45 WIT. Salah seorang wargatewas tertembak dalam insiden itu.

Kontak senjata yang berlangsung selama beberapa menit itu kemudian menewaskan salah seorang warga atas nama Ferdi Turuallo, 25. Ia tewas tertembak di bagian kepala saat berjalan menuju Pasar Tiom lokasi terjadinya baku tembak. [VIVAnews]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , , ,

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s