Zona Berita

Gubernur Papua Barat : Jangan Benturkan Orang Papua dan NKRI

Gubernur Papua Barat Abraham Octavianus Atururi. (Foto : ANTARA)

MANOKWARI – Zona Damai: Gubernur Papua Barat Abraham O.Atururi menyatakan, kemerdekaan menjadi sebuah harga mati bagi orang Papua. Namun disisi lain, kepentingan itu tidak menjadi sebuah cela bagi upaya untuk membenturkan orang Papua dan NKRI.

“Papua itu, masyarakatnya seperti itu. Papua Merdeka harga mati bagi orang Papua. Saya sudah ngomong itu waktu di DPR RI. Tidak bisa kita bicara bohong. Orang Papua bilang merdeka itu harga mati. NKRI  juga harga mati. Tapi jangan suruh mereka itu berkelahi. Tidak boleh. Kalau mereka berkelahi rakyat tidak damai,” tegas Abraham di Manokwari belum lama ini.

Menurut Abraham, orang Papua sudah merdeka. Kemerdekaan itu bukanlah pemberikan manusia. Akan tetapi pemberian Tuhan.

“Yang harus kita ketahui sebagai orang Papua, bahwa Tuhan hari ini telah memilih kita merdeka di dalam NKRI. Jadi, yang suruh memilih itu bukan manusia. Tapi, Tuhan. Itu yang terbaik bagi kita bahwa, hari ini kita berada dalam negara kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Untuk itu Gubernur Papua Barat mengajak warganya menjaga bersama pilihan terbaik yang telah diberikan kepada orang Papua.

“Jadi, mari kita jaga kedamaian bersama. Walaupun masing-masing punya prinsip. Tapi, hari ini yang Tuhan kasih adalah, NKRI. Orang beragama itu harus mensyukuri itu. Tapi, kalau tanya Pak Gubernur, saya ini prajurit. Prajurit itu hanya kemerdekaan dan kedaulatan. Hanya itu,”ungkapnya.

Gubernur meminta agar semua elemen masyarakat,  terutama para keapala suku agar mampu mengimbau warganya ikut menciptakan suasana aman.

“Sudah jelas. Kepala suku sudah bersanggupan. (1 Desember) Tidak ada apa-apa. Tapi itu kata mereka, kan kita tidak tahu manusia ini seperti apa. Papua merdeka harga mati dan NKRI harga mati. Ada dua macam kepentingan. Tapi, yang betul itu cuma satu. Yakni apa yang telah diberikan oleh Tuhan,” tandasnya. [Bintang Papua]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s