Zona Berita

Dua Tahun Terakhir, 11 Polisi di Papua Meninggal Ditembak

JAYAPURA–Zona Damai:  Data kekerasan terhadap anggota kepolisian di wilayah hukum Polda Papua sepanjang tahun 2010- 2012, 11 anggota Polda Papua dinyatakan meninggal dunia  ditembak kelompok sipil bersenjata ketika melaksanakan tugas pengamanan di wilayah pedalaman Papua.

Kabid Humas Polda Papua, AKBP I Gede Sumerta Jaya, Sik kepada wartawan menjelaskan, ke-11 anggota polisi merupakan  korban kekerasan dari kelompok sipil bersenjata di mana  merupakan anggota Polda Papua yang melaksanakan tugas di wilayah Polres masing-masing di pedalaman Papua sejak tahun 2010.

”Sebelas anggota yang tewas itu merupakan anggota Polda yang meninggal saat menjalankan tugas pengamanan. Sementara itu 53 anggota polisi terluka ringan maupun berat selama bertugas di Polda Papua,” kata I Gede, Rabu (28/11).

Lanjut  I Gede, sepanjang 3 tahun terakhir telah terjadi 37 peristiwa yang menimpa 53 anggota personil Polda Papua. Sedangkan sisanya, sekitar 41 anggota mengalami luka ringan serta cacat fisik. ”Seluruh korban ini rata-rata bertugas di Kabupaten Puncak Jaya dan Jayapura,” urainya.

I Gede mengakui, data ini belum sepenuhnya akurat, karena masih ada peristiwa yang menimpa anggota Polri yang tidak tercatat. ”Data ini belum akurat, karena ada kejadian yang belum masuk, seperti di Wamena dan Merauke saat terjadinya gesekan demo dengan KNPB yang mana ada waktu itu anggota Polisi  terkena lemparan batu namun belum dimasukkan ke data,” tukasnya. [PAPOS]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s