Zona Berita

Warga Qatar Terpesona Pertunjukan Budaya Indonesia

Pengisi acara di Wonderful Indonesia, Qatar (dok. KBRI Doha). Foto:DetikTravel

DohaZona Damai:  Ragam budaya Indonesia memesona wisatawan dari seluruh dunia, termasuk Qatar. Buktinya, pertunjukan seni dan budaya Indonesia yang digelar di Doha, berhasil membuat warga ibukota Qatar itu terkesima!

Adalah Wonderful Indonesia, pertunjukkan seni yang sukses menyilaukan mata masyarakat Doha. Pertunjukkan yang digelar atas kerjasama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Doha dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini digelar di Qatar National Theater, Doha pada Sabtu (10/11/2012).

Acara yang dimulai pada pukul 19.00-21.00 waktu setempat ini dihadiri oleh 300 tamu. Rasa antusias sudah tampak di wajah pengunjung sejak baru tiba di lokasi. Mereka langsung disambut oleh penerima tamu yang berpakaian khas Indonesia.

Kemudian, para tamu ini langsung disuguhkan dengan aneka makanan khas Indonesia. Rasa antusias tampaknya tak dapat disembunyikan dari wajah mereka. Setiap pengunjung tampak antusias mencoba semua makanan yang tersedia.

Suasana di Qatar National Theatre semakin meriah, saat beragam pertunjukkan tradisional dan alunan musik dimainkan. Ya, berbagai acara menarik ditampilkan dalam acara Wonderful Indonesia ini. Antara lain pertunjukkan 5 tarian tradisional dari Sumatera Barat, Jawa Barat, Kalimantan Tengah dan Aceh.

Tak hanya itu, tamu undangan juga dihibur dengan dua tarian kontemporer yang diselingi atraksi alat musik khas Dayak, Kalimantan Timur, berupa Sampek dan Gendang. Plok! Plok! Gemuruh tepuk tangan pengunjung yang datang bergema begitu kencang. Bahkan, hampir tak berhenti sepanjang pertunjukkan berlangsung. Nama Indonesia pun menggema kencang di Qatar.

Tampaknya, pengunjung yang datang ke acara Wonderful Indonesia benar-benar terpukau dengan ragam budaya Indonesia yang ditampilkan. Ini terbukti dari langsung dimuatnya berita acara Wonderful Indonesia di halaman depan harian berbahasa Inggris terkemuka, Gulf Times di Qatar.

“Pertunjukkan Seni dan Budaya ‘Wonderful Indonesia’ merupakan kelanjutan rangkaian acara pertunjukkan seni dan budaya Indonesia yang pernah ditampilkan pada tanggal 17 Oktober 2012,” kata Duta Besar Republik Indonesia di Doha, Deddy Saiful dalam rilis KBRI Doha kepada detikTravel, Senin (12/11/2012).

Menurutnya, KBRI Doha saat ini memang semakin gencar mempromosikan pariwisata Indonesia di Qatar, mengingat besarnya potensi pasar pariwisata yang dimiliki oleh Qatar. Selain itu, Indonesia belum menjadi daerah utama wisata penduduk Qatar yang masih melihat Eropa, Amerika dan beberapa negara di Asia sebagai tujuan utama wisata dan belanja.

Sementara itu, pejabat Kemenparekraf yang ikut dalam kunjungan ke Qatar menyampaikan, promosi pariwisata ‘Wonderful Indonesia’ kali ini dilaksanakan di Qatar karena sudah adanya penerbangan langsung dari Doha ke Jakarta. Hal ini menggambarkan besarnya potensi pasar pariwisata Indonesia bagi masyarakat Qatar. [detikTravel]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s