Zona Berita

Ribuan Pemuda di Manado Deklarasikan Sulut Bebas Teroris

Kapolda Sulut Brigjen Dicky Atotoy bersama ribuan Pemuda Sulewesi Utara melepas spanduk deklasi Sulut Bebas Teroris ke udara sebagai tekad pemuda Sulut menjaga daerah itu aman dari ancaman teroris. (Foto: Kompas.com)

MANADO-Zona Damai:  Ribuan pemuda dari sekitar 27 organisasi pemuda di Sulawesi Utara, Kamis (8/11/2012) bertekad menjaga daerah Sulawesi Utara bebas dari teroris.

Kesepakatan itu tertuang dalam Deklarasi Pemuda Sulawesi Utara yang dibacakan oleh Ketua Relawan Sulut Nyaman (RSN) Kota Manado, Evans Steven Liow di lapangan Koni Sario. Deklarasi itu dibacakan di hadapan para pejabat Sulawesi Utara dan ribuan relawan dari hampir semua kabupaten/kota di Sulut.

Dalam kesepakatan itu pemuda Sulut sepakat untuk membebaskan Sulut dari teroris; bertekad tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan akan terus mengampanyekan program “Brenti Jo Bagate”, serta menjadi pelopor tertib berlalu lintas.

Kapolda Sulut Brigjen Dicky Atotoy memberi apresiasi yang tinggi terhadap Relawan Sulut Nyamankarena telah mampu mengangkat isu aktual yang selama ini selalu menjadi akar permasalahan hukum dan kriminalitas.

“Masalah teroris adalah masalah aktual saat ini. Posisi Sulut sebenarnya sangat terjepit dan dalam posisi yang berisiko, namun daya tangkal dan daya tahan masyarakat Sulut terhadap terorisme cukup tinggi,” ujar Atotoy.

Sementara itu, Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten I Setprov Meki Onibala mengatakan, deklarasi Sulut bebas teroris ini menunjukkan tekad yang kuat dari pemuda Sulut yang merupakan bagian integrasi masyarakat untuk berkontribusi nyata terhadap pembangunan daerah.

Kegiatan deklrasi itu juga ditandai dengan penandatangan spanduk sepanjang 50 meter oleh seluruh perwakilan masyarakat yang hadir, termasuk unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Setelah menyatakan kesepakatan, ribuan relawan kemudian melakukan konvoi melewati jalan utama Kota Manado dari lapangan Koni Sario tempat berlangsungnya deklarasi menuju kawasan Mega Mas. [KOMPAS.com ]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s