Zona Berita

Qanun Wali Nanggroe Berpotensi Pecah Belah Aceh

demo tolak qanun wali nangroe. (Foto: acehkita.com)

Jakarta – Zona Damai: Pengamat Politik Aceh menilai Qanun Wali Nangroe Aceh berpotensi memecah masyarakat Aceh. Ini lantaran salah satu syarat untuk menjadi anggota Wali Nangroe harus bisa berbahasa Aceh.

Pengamat Politik Aceh, Mawardi Ismail mengatakan, pengesahan Qanun Wali Nangroe Aceh mengandung kontroversi dan terkesan diskriminasi.

“Qanun itu secara hukum, secara legal formal kan sudah disahkan ya. Dan karena sudah dicapai kata sepakat oleh legislatif dan eksekutif maka dalam tempo 30 hari kalaupun tidak ditandatangani dia akan sah menjadi Qanun. Tapi di lain pihak memang masih ada kewenangan pemerintah untuk melihat apakah isi Qanun itu sudah sesuai, karena pemerintah mempunyai kewenangan juga untuk membatalkan kalau misalnya Qanun itu bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi, bertentangan dengan kepentingan umum ya dan lain-lain,” kata Mawardi di Jakarta, Jumat (9/11/2012).

Mawardi menambahkan, struktur organinasi di dalam Wali Nangroe Aceh akan tumpang tindih dengan fungsi eksekutif dan legislatif.

Sebelumnya, Qanun Wali Nangroe telah disahkan oleh pemerintah. Hal ini mengundang kontroversi, terutama bagi masyarakat Gayo yang menganggap keberadaan Qanun Wali Nanggroe justru terkesan ingin menghapus suku lain yang ada di Bumi Serambi Mekkah itu. [KBR68H]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s