Zona Berita

Dubes AS Dukung Kebijakan Polda Papua

Dubes AS didampingi Kapolda Papua Irjen.Pol.Tito Karnavian, tengah menari Mahikai, tarian khas masyarakat Serui, di kediaman Kapolda Papua, di Jayapura (5/11/2012). Foto: Bintang Papua

JAYAPURA—Zona Damai: Dubes  AS untuk Indonesia H. E. Scot Merciel menyampaikan dukungannya terhadap kebijakan Kepolisian Daerah Papua, khususnya dalam menghadapi aksi-aksi kekerasan yang terjadi di wilayah Papua.

Hal ini diutarakan  Kabid Humas Polda Papua  AKBP  I Gede Sumerta Jaya, di Jayapura, Selasa  (6/11/2012). Menurut I Gede Sumerta, Dubes AS menyampaikan dukungan itu secara langsung kepada Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian, dalam pertemuan di rumah kediaman Kapolda Jl. Angkasa, Jayapura, Senin (5/11/2012) pukul 19.30 WIT. Dalam kunjungan khusus tersebut, Dubes AS didampingi Asisten Atase Darat Kedubes AS Major Chris Morgan, Sekretaris I Kedubes AS Ms. Melanie Higgins  serta Staf Ahli  Kedubes AS  lainnya.

Kabid Humas mengatakan, dalam pertemuan yang berlangsung selama satu jam tersebut, Kapolda telah menjelaskanantara lain, dalam menghadapi aksi-aksi kekerasan, Polisi tetap mengedepankan penegakan hukum secara profesional dengan menggunakan upaya paksa minimum.

Kapolda juga menjelaskan kebijakan Kapolda memberantas kasus korupsi, agar Dana Otsus  betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat.

Saran Dubes AS

Kabid Humas mengatakan,  Dubes AS menyarankan agar operasi Kepolisian dilakukan secara transparan.  Polisi diharapkan lebih mengedepankan pendekatan lunak. Lebih lanjut Dubes berharap agar image Polisi tidak identik dengan hanya menangkap dan menahan orang, tapi juga mengutamakan kegiatan-kegiatan yang mendekatkan diri dengan masyarakat. Bila ada pelanggaran-pelanggaran , misalnya pelanggaran yg dilakukan oleh pihak Polisi, agar secara terbuka disampaikan kepada publik. Dubes juga meminta agar Polda membuka komunikasi yang lebih luas kepada masyarakat.

Kapolda mengharapkan agar Kedubes AS melalui US-AID dapat melakukan kerjasama dengan Polda Papuauntukmendukung pengembangan kemampuan Kepolisian secara profesional, misalnya dalam penanganan unjuk rasa,  serta pelaksanaan investigasi secara ilmiah. Hingga sekarang, Polda Papua tidak memiliki laboratorium forensik.

Harapan Kapolda itu, demikian Kabid Humas,  langsung ditangapi antusias oleh Dubes AS. Dalam kurun waktu 4 sampai 5 tahun ke depan, dipastikan ada program yang secara bersama akan dikerjasamakan oleh US-AID dengan Polda Papua.   [***]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

2 replies »

    • Sebagai mantan Perwira Polri, saya salut kepada Kapolda Papua yang masih Muda,Cerdas dan Kraetif. Saya yakin bahwa kelak Polri akan dipimpin oleh Perwira yg cerdas dan berani membuat keputusan pada saat-saat yang kritis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s