Zona Berita

Amerika Dukung Otsus Papua

Dubes AS Scot marciel

Jayapura—Zona Damai: Pemerintah Amerika Serikat (AS) sangat mendukung pelaksanaan otonomi khusus (Otsus) di Papua yang sudah berlangsung selama 11 tahun. Selain itu, AS juga mengakui Papua bagian dari NKRI.

Hal itu diungkapkan Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel usai bertemu dengan anggota DPR Papua, Senin, (5/11/2012) di Gedung DPRP Jalan Samratulangi Jayapura, Papua.

“AS selalu  mendukung otonomi khusus Papua dan mengakui Papua bagian dari NKRI sehingga mendukung kemajuan untuk meningkatkan peluang dalam bidang ekonomi dan pengembangan lembaga politik serta sipil,”ujar Scot Marciel.

Namun, lanjut Dubes, kunjungan ke Papua kali ini lebih fokus untuk mengetahui apa saja yang menjadi perhatian utama dalam pembangunan di Papua, serta bagaimana membangun kerja sama dalam proses pembangunan tersebut.

“Bincang-bincang dengan DPR Papua ini untuk ketahui prioritas  pembangunan di Papua sekaligus bagaimana kita bisa bekerjasama untuk satu arah dalam pembangunan itu,”singkat Scot.

Sementara Wakil Ketua DPR Papua Yunus Wonda mengatakan, bahwa Dubes Amerika menanyakan sejauh mana pelaksanaan otonomi khusus.

“Mereka tanya tentang otsus Papua terutama kemajuan pendidikan dan kesehatan, serta apa saja yang mereka bisa bantu untuk memajukankannya. Pemerintah AS juga bicara tentang kemudahan study bagi orang Papua di Amerika Serikat,”papar Yunus.

Pada kesempatan yang sama, masih kata Yunus, DPR Papua juga meminta AS mendorong terciptanya dialog Papua-Jakarta. “Dalam dialog Papua-Jakarta kita tidak bicara Papua Merdeka harga mati atau NKRI harga mati cuma bagaimana otonomi khusus bisa didorong jauh lebih maju,”paparnya.

*Bangga Terhadap Perkembangan yang Ada

Ketika berkunjung ke Kodam XVII/Cenderawasihke, Dubes AS mengatakab Amerika Serikat  mendukung kedaultan Indonesia. Dirinya  bangga terhadap perkembangan yang ada, termasuk perubahan-perubahan yang terjadi di organisasi TNI dalam kurun waktu 15 tahun ini.

Dubes diterima Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI I. Made Agra Sudiantara di dampingi  Danrem 172/PWY, Pa Ahli Bidang Hukum dan HAM, dan Asintel Kasdam  di ruang Cycloops Makodam XVII/Cenderawasih.

“Keamanan di Papua sangat kondusif dimana hal tersebut merupakan domain dari Kepolisian dan TNI yang sifatnya membantu,” ujar Kasdam ketika menjawab pertanyaan Dubes AS tentang masalah keamanan di Papua. [Bintang Papua]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s