Zona Berita

AS Hibahkan Rp 26 Miliar untuk Daerah Pedalaman di Papua

foto: yerino-germanis.blogspot.com

Jayapura –Zona Damai:  Enam kabupaten di pedalaman Papua mendapatkan dana hibah sebesar 2,8 juta dolar atau lebih dari 26 miliar dari pemerintah Amerika Serikat untuk pemberantasan buta aksara.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Papua James Modouw mengatakan keenam kabupaten tersebut adalah Kabupaten Lani Jaya, Tolikara, Mambaremo Tengah, Yahukimo, Yalimo dan Jayawijaya.

Dana hibah ini dikucurkan dalam bentuk program dan buku pengantar dengan kurikulum khusus yang disesuaikan dengan budaya setempat untuk siswa sekolah dasar.

“Sekitar 2000 buku akan selesai dicetak nanti untuk dikontribusi ke sekolah-sekolah dan pencetakannya ini dilakukan para bupati masing-masing tetapi dibantu juga oleh USAID tetapi 6 kabupaten ini guru-gurunya sudah ditraining semua, nah tinggal guru-guru ini kembangkan ke kabupaten masing-masing. Saya sudah datang mengetes juga disekolah masing-masing yang praktek buku ini dan sangat bagus. Nah bagusnya ini tergantung bagaimana gurunya betul-betul punya dedikasi untuk melatih anak. Kadang-kadang guru hanya belajar terus pengetahuan itu kebanggaan dirinya sendiri tidak diaplikasikan dalam proses kerja dia kepada anak, disitu persoalannya,” jelas James Modouw.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Papua James Modouw menambahkan tingginya buta aksara di pedalaman Papua salah satunya karena letak geografis. Luasnya wilayah Papua membuat jarak antara pemukiman satu dengan lainnya menjadi berjauhan. Saat ini angka buta akasara di Papua mencapai 23 persen, atau sekitar 200 ribu jiwa dari 2 jutaan jiwa penduduk Papua. [KBR68H]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s