Zona Berita

KSAD Ajak KNPI Satukan Langkah

foto: VIVAnews

*) Akan Dibentuk, KNPI Tingkat ASEAN

Senggigi-Zona Damai : Menkopolhukam Djoko Suyanto, Selasa (23/10/2012) membuka Rapat Kerja Nasional I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, yang diikuti sekitar 800 peserta dari berbagai elemen masyarakat dan organisasi kepemudaan.

Dalam sambutannya, Djoko mengatakan, peran pemuda dalam berbagai peristiwa yang berpotensi memecah-belah persatuan rakyat Indonesia seperti peristiwa Poso, Ambon, Aceh, menurut Djoko tak bisa diremehkan. “Patut kita syukuri, kita dapat terhindar dari upaya perpecahan itu. Semua merupakan bagian dari hasil perjuangan para pemuda Indonesia,” ujar Djoko.

Djoko berpesan agar pemuda Indonesia mampu membentengi diri dari keterbukaan dan kebebasan arus informasi, pandai mengoreksi diri, serta harus banyak belajar tentang cara mengelola negara, sistem kerja negara, dan mengerti aturan perundang-undangan.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Pramono Edhi Wibowo mengajak Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menyatukan langkah ke depan dalam membangun bangsa.

“Hari ini mari kita satukan langkah ke depan,” kata Kasad saat berbicara pada Rakernas KNPI di Senggigi, Lombok, NTB, Selasa 23 Oktober 2012.

Selain Jenderal Pramono, hadir pula sebagai pembicara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar dan mantan Ketua Umum DPP KNPI Tjahjo Kumolo.

Di hadapan Ketua Umum DPP KNPI Taufan EN Rotorasiko serta seluruh jajaran pengurus di tingkat pusat dan daerah seluruh provinsi, Pramono menegaskan penyelenggaraan Rakernas KNPI itu memiliki momentum yang sangat tepat menjelang peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

“Marilah kita jangan lupa pada sejarah. Mengapa Sumpah Pemuda itu dilakukan karena pada saat itu pemuda adalah orang yang akan melakukan perubahan karena pada saat itu musuh utama itu adalah para penjajah. Perlu adanya kekuatan untuk melawan para penjajah yaitu satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa,” katanya.

KSAD menegaskan tulang punggung negara adalah pemuda. Sebab banyak pemuda berkualitas sehingga bisa bersama-sama membangun bangsa. “Saya hanya menggiatkan pemuda adalah orang yang idealis mempertahankan idealisme itu,” katanya.

Ia menegaskan TNI siap mendukung program KNPI, karena KNPI adalah tempat latihan organisasi yang baik, berdiskusi, mengambil keputusan.

Sementara itu Linda Gumelar menyampaikan salam Ibu Negara Ani Yudhoyono menyampaikan agar KNPI makin meningkatkan peran perempuan dan memberi diberi ruang yang luas.

Pemerintah, katanya, saat ini telah menyusun strategi nasional seperti pengaruh keutamaan gender, nasionalisme, SDM, dan disiplin, peningkatan karakter bangsa, penegakan hukum, dikemas dengan iman dan takwa.

KNPI ASEAN

Dalam Rakernas KNPI yang digelar 22-24 Oktober 2012 ini, Ketua Umum KNPI Taufan EN Rotorasiko mendorong terbentuknya KNPI tingkat ASEAN guna memperjuangkan Community ASEAN 2015.

Taufan mengatakan, pemuda Indonesia harus menjadi tonggak perjuangan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Untuk itu pembentukan KNPI tingkat ASEAN perlu segera diwujudkan agar Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lainnya. Terlebih saat ini Indonesia merupakan negara terbesar ke-16 di dunia. [VIVAnews]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s