Zona Berita

DPR Tetapkan 13 Anggota Komnas HAM

Jakarta-Zona Damai: Sebanyak 13 anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2012-2017 dipilih Komisi III DPR (Senin, 22/10/2012). Sejak 15 Oktober lalu, Komisi III melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 30 calon. Mereka dipilih melalui mekanisme voting oleh 55 Anggota Komisi III DPR RI.

”Kami pilih 13 orang karena tantangan Komnas HAM makin banyak. Namun, kami juga menolak lebih banyak lagi agar komisi itu tetap efektif,” kata Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika. Pada periode lalu (2007-2012) Komnas HAM memiliki 11 anggota.

Komisi III, menurut Pasek, juga berharap 13 anggota Komnas HAM terpilih dapat mewakili berbagai elemen masyarakat. ”Beragamnya latar belakang anggota Komnas HAM diharapkan mewakili pluralisme bangsa,” ujar anggota Komisi III, Trimedya Panjaitan.

Wakil dari Papua dan Aceh

Dari 13 anggota Komnas HAM terpilih itu, satu diantaranya berasal dari Papua. Dia adalah Natalius Pigai. Sementara representasi dari Aceh terpilih Otto Nur Abdullah. Selain unsur daerah, ada pula yang berasal dari organisasi keagamaan, yaitu Imdadun Rahmat berasal dari Nahdlatul Ulama, Maneger Nasution dari Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia. Mantan Dirjen Perlindungan HAM Kementerian Hukum dan HAM Hafid Abbas dipilih sebagai representasi dari pemerintah. Sandrayati Moniaga dipilih karena aktivitasnya yang banyak berhubungan dengan masyarakat adat. Nur Kholis menjadi satu-satunya anggota Komnas HAM 2007-2012 yang terpilih kembali.

Lengkapnya, ketiga belas Komisioner Komnas HAM yang terpilih itu adalah :
1. Sandrayati Moniaga
2. Maneger Nasution
3. Natalius Pigai
4. Otto Nur Abdullah
5. Ansori Sinungan
6. Muhammad Nurkhoiron
7. M. Indadun Rahmat
8. Siane Indriani
9. Roichatul Aswidah
10. Hafid Abbas
11. Siti Noor Laila
12. Dianto Bachriadi
13. Nur Kholis.

Hari ini, Selasa (23/10/2012) ketiga belas Komisioner Komnas HAM itu ditetapkan dalam rapat paripurna DPR RI. Sedangkan Pemilihan Ketua Komnas HAM akan dipilih secara internal oleh Komisioner Komnas HAM.

Rekam Jejak

Direktur Program Imparsial Al Araf menilai, sebagian Komisioner Komnas HAM terpilih sudah cukup layak. Sebagian dari komisioner terpilih itu dinilai sudah memiliki jejak rekam yang mumpuni dalam perjuangan hak asasi manusia.

“Saya lihat yang sebagian sudah cukup layak, karena memang punya pengalaman sebagai aktivis demokratis, ada dosen juga. Sebagian yang terselesi memiliki kapasitas yang kaya,” ujar Al Araf.

Ia mencontohkan nama-nama yang memiliki kapasitas sebagai Komisioner Komnas HAM seperti Dianto Bachriadi yang merupakan aktivis hak-hak agraria, Otto Nur Abdullah yang merupakan aktivis antikekerasan dan HAM di Aceh, Sandrayati Moniaga yang merupakan pendiri lembaga swadaya masyarakat Elsam.

Selain itu, Al-Araf juga tidak meragukan lagi kapasitas Nur Kholis yang pada periode sebelumnya juga menjadi Komisioner Komnas HAM dan Roichatul Aswidah yang merupakan aktivis demokrasi. Al Araf berharap, terpilihnya tiga belas komisioner baru, bisa membawa Komnas HAM lebih “bergigi” dan tidak hanya sekadar memberikan dokumen rekomendasi kepada lembaga penegak hukum.

“Sudah selayaknya komisioner ke depan tidak hanya respon tapi juga harus bisa tanggap bagaimana menuntaskan kasus hingga selesai,” katanya.

Komisioner baru juga diharapkan menyelesaikan kasus HAM masa lampau yang tak kunjung diselesaikan aparat penegak hukum seperti kasus pelanggaran HAM massal di tahun 1965, kasus penghilangan orang secara paksa pada tahun 1998/1999, kasus Talangsari, kasus pembunuhan Munir, kerusuhan Mei, dan kasus kekerasan di Aceh dan Papua.

“Serta tentu konflik agraria, dan isu kebebasan beragama. Hal-hal ini yang harus diperhatikan komisioner Komnas HAM,” ujar Al Araf. [***]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s