Zona Berita

Peringatan KRP III : Ibadah Syukur di Makam Theys Batal

Makam Theys Eluay di Sentani

SENTANI—Zona Damai: Rencana digelarnya ibadah syukur atas peringatan Kongres Rakyat Papua (KRP) III di Lapangan Theys Eluay, Sentani, Jumat (19/10/2012) gagal dilaksanakan. Meski batal dilaksanakan, petugas sempat mengamankan 5 orang yang diduga membawa dokumen rahasia, dan senjata tajam. Kelima orang itu telah diamankan di Polsek Sentani Kota.

Gagal melakukan perayaan di lapangan Thyes, massa lalu bergeser ke umah Forkorus Yoboisembut, S.Pd di Sabron. Selain massa berorasi. Pada kesempatan itu Yoap Safle sempat membacakan sambutan Forkorus Yaboisembut,S.Pd, yang mereka sebut Presiden Negara Federal Republik Papua Barat (NFRPB) yang menyatakan bahwa 19 Oktober 2012 genap satu tahun usia deklarasi pemulihan kemerdekaan bangsa Papua di negeri Papua Barat.

Sekretaris Peringatan KRP III, Elly Sarwer, menandaskan, dirinya sangat menyayangkan sikap Polisi yang tidak menghargai orang Papua untuk beribadah, apalagi sebanyak dua kali Polisi membubarkan masyarakat Papua untuk beribadah, yakni pertama di lapangan Theys Eluay, dan yang kedua di Pendopo Ondoafi Boy Eluay.

Gagalnya peringatan di Sentani karena di sejumlah titik yang berada di Kabupaten Jayapura dilakukan sweeping oleh jajaran Polres Jayapura, diback up BKO Brimobda Papua. Para pengendara motor yang tidak lengkap administrasinya seperti tidak menggunakan helm, spion pun mendapat teguran lisan. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya ditahan motornya. Sedangkan kondisi Kota Sentani dan sekitarnya tetap kondusif seperti biasanya. Tidak ada yang berubah, hanya saja di beberapa titik seperti di pertigaan Genyem-Sentani-Doyo, Jalan Masuk Bandara Sentani dan di Kampung Harapan ditempatkan anggota Polres Jayapura dan Brimobda Papua.

Kapolres Jayapura AKBP Anthonius Wantri Julianto mengatakan atas rencana kegiatan ini, pihaknya menurunkan personelnya 1 kompi dibantu 3 pleton personel dari Brimobda Papua.

“Personel ini untuk menjaga keamanan serta menjamin masyarakat agar dapat melaksanakan aktivitasnya dengan lancar dan tidak ada gangguan,” imbuhnya. Disebutkannya, untuk melakukan penjagaan keamanan, ditempatkan personel di 7 titik dari Kampung Harapan sampai ke Sentani Barat.

“Dari Polda Papua tidak mengeluarkan surat tanda terima pemberitahuan (STTP) yang artinya kegiatan tersebut (Peringatan KRP III-Red) tidak boleh berlangsung,” ujarnya.

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s