Zona Berita

Panglima TPN PB Diciduk di Yahim Sentani

JAYAPURA—Zona Damai: Setelah buron selama setahun lebih, Polda Papua berhasil menangkap Panglima Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB), Gidion Wenda. Ia ditangkap di di kediaman salah seorang warga berinisial ET di Jalan Yahim, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu 14 Oktober lalu.

GW merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) menyusul keterlibatannya dalam serangkaian kasus penembakan di wilayah Gunung Merah, Kampung Nafri, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Masing-masing Kasus Nafri I pada 28 November 2010 dan Kasus Nafri II pada 1 Agustus 2011.

Pjs. Kabid Humas Polda Papua AKBP I Gede Sumerta Jaya, SIK yang dikonfirmasi Bintang Papua, Kamis (18/10/2012). Dia mengatakan, pasca penangkapannya, GW dibawa ke Polda Papua, Jayapura untuk diinterogasi terkait keterlibatannya dalam Kasus Nafri I dan Nafri II. Selanjutnya yang bersangkutan diserahkan ke Polres Jayapura Kota untuk proses hukum lebih lanjut.

Ketua Operasi Sektor B

Menurut mantan Kapolres Jayawijaya ini, selain GW, pelaku lainnya yang telah tertangkap beberapa waktu lalu masing-masing PDK, LS, KJ, PK serta NJ. GW merupakan bagian dari kelompok TPN PB. Dalam organisasi TPN PB, GW merupakan Ketua Operasi Sektor B Wilayah Abepura dibawah pimpinan Dany Kogoya yang sudah tertangkap dan juga merupakan bagian dari Kelompok Lamber Pekikir yang bermarkas di Tanah Hitam, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

“GW selain mengetahui juga ikut merencanakan kasu Nafri I dan Nafri II,” tukas dia.

Dari hasil interogasi, lanjutnya, GW memberikan keterangan dirinya, ada pelaku lain yang terlibat dalam Kasus Nafri I dan Nafri II yang hingga saat ini masih buron masing-masing EJ, OK, DLB, UH, AK, AWK, SH, DM dan TK. [Bintang Papua]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s