Zona Berita

Aktivis Pendukung Papua Merdeka Gelar Demo di Manokwari

Bendera bintang kejora yang dibentangkan, para demontrans dalam unjuk rasa di Manokwari, Papua Barat, Jumat (19/10/2012). Foto: Kompas.com

*) Polisi Rampas bendera bintang kejora

MANOKWARI—Zona Damai: Sejumlah aktivis pro kemerdekaan Papua di Manokwari, Papua Barat, hari ini (Jumat, 19/19/2012) turun ke jalan. Mereka membentangkan bendera bintang kejora di jalan. Aksi itu dilakukan untuk memperingati satu tahun deklarasi berdirinya “Negara” Republik Federal Papua Barat (NRFPB) yang digagas Forkorus Yaboisembut dkk di Lapangan Zakeus, Abepura tahun lalu.

Demo juga ditujukan untuk mengecam semua bentuk pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Tanah Papua. Dalam aksi ini terjadi perampasan bendera bintang kejora dari tangan pengunjuk rasa oleh aparat Kepolisian Resor Manokwari.

Semula aksi yang berlangsung dari samping Gedung Olahraga (GOR), Sanggeng Manokwari, Distrik Manokwari Barat, berjalan aman dengan pengawalan ketat aparat Polres Manokwari dan Kesatuan Brimob Detasemen C Kepolisian Daerah Papua di Manokwari. Namun, sebagian massa dalam aksi longmarch di ruas jalan di dalam kota Manokwari kemudian membentangkan sejumlah bendera bintang kejora.

Polisi yang sejak awal melakukan pengamanan langsung merebut bendera itu. Perempasan bendera dari tangan para demonstran sempat diwarnai ketegangan. Para demonstran yang tidak terima bendera mereka dirampas melakukan pelemparan dengan menggunakan air mineral. Namun, aksi itu tidak berlanjut setelah pengunjuk rasa lainnya berhasil menenangkan rekan-rekannya tersebut.

Meskipun mengamankan sejumlah bendera bintang kejora, tidak satu pun para pengunjuk rasa yang ditangkap. Setelah ketegangan mereda, ratusan orang kembali melanjutkan aksi longmarch dengan mengelilingi sejumlah ruas jalan di dalam kota Manokwari, dan berakhir di Gereja Elim Kwawi, Distrik Manokwari Timur. (***)

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s