Zona Berita

Gagal CPNS, Warga di Manokwari Mengamuk

Ratusan Pencaker asal Papua, yang melakukan blokade jalan utama, di Kompleks Arfai, Distrik Manokwari Selatan, akibat tidak lolos CPNS Kementrian Hukum dan HAM, Selasa (16/10/2012)

MANOKWARI-Zona Damai: Pengumuman hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM, Kantor Wilayah Papua Barat, Selasa (16/10/2012) diwarnai aksi bakar ban dan blokade jalan utama di kompleks Arfai, Distrik Manokwari Selatan.

Aksi protes yang dilakukan ratusan pencari kerja asal Papua ini karena mereka tidak lolos dalam penerimaan CPNS di Kantor Wilayah Hukum dan HAM pada tahun ini. Padahal sesuai janji yang pernah disampaikan oleh Kakanwil Hukum dan HAM Papua Barat yang akan meloloskan 60 persen orang asli Papua dalam proses seleksi masuk tahun ini.

Namun dari hasil tes yang diumumkan, 85 orang dari seribu lebih pendaftar yang diterima pada tes tertulis bulan September 2012 lalu, hanya 2 orang warga asli Papua yang masuk. Tetapi dari dua orang itu tidak satupun putra asal Manokwari.

“Kami selaku orang Papua sangat kecewa dengan hasil ini, kenapa kami disekolahkan tinggi-tinggi, namun kami tidak diakomodir dalam setiap penerimaan PNS di wilayah Papua,” kata salah satu pencaker, Musa Sayori.

Pantauan Kompas.com, ratusan pencaker melakukan aksi palang jalan dengan menggunakan batu, drum dan kawat duri. Selain itu mereka juga membakar ban bekas di tengah jalan hingga memacetkan arus lalu lintas dari dan menuju kota Manokwari, hingga lebih dari 4 jam lamanya.

Untuk mengantisipasi aksi susulan, Kepolisian Polres Manokwari yang dibantu dengan Kesatuan Brimob Detasemen C Polda Papua di Manokwari, masih berjaga-jaga di Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Papua Barat di Arfai Beskam, Distrik Manokwari Selatan. [KOMPAS.com]

2 replies »

  1. Assalamu Alaikum wr-wb,perkenalkan nama saya ibu SURIYANI asal SURAKARTA,saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS.saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer K1 dan K2 diinstansi pemerintahan manapun,saya mengabdi kurang dari 10thn menjadi pegawai honoer belum terangkat menjadi PNS dan saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil didaerah surakarta,dan disini daerah tempat mengajar saya hanya dialiri listrik tenaga surya,saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita masing2,pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN PUSAT karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan,disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0812-9343-4567 atas nama TAUCHID DJATMIKO SH.M.SI,beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak TAUCHID DJATMIKO SH.M.SI.SK saya tahun ini bisa keluar,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak TAUCHID DJATMIKO SH.M.SI dinomor 0812-9343-4567,siapa tau beliau bisa membantu anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s