Zona Sejarah

Perjuangan Jenderal Soedirman akan difilmkan

Jakarta-Zona Damai: Dua institusi, Johan Foundation dan Mizan Production, akan memfilmkan peran serta kiprah perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam format yang disesuaikan dengan selera masyarakat saat ini.

Menurut Direktur Johan Foundation, Johan O Silalahi saat menjadi pembicara dalam dialog Empat Pilar MPR bertema “Peran TNI bagi NKRI” di Gedung MPR, Jakarta, Senin, masyarakat saat ini sangat menginginkan adanya tokoh panutan seperti Jenderal Soedirman.

Terkait hal itu, kata Johan, pihaknya bersama Mizan Production telah berencana menggarap kisah perjuangan Palinglima TNI pertama itu.

“Kita targetkan pada HUT TNI ke-68 tahun depan, film itu sudah tayang dan bisa dinikmati masyarakat,” kata Johan.

Gagasan membuat film tentang Jenderal Soedirman ini didasari atas keprihatinan terhadap situasi saat ini yang seakan tidak ada pemimpin, padahal bangsa ini sangat membutuhkannya. Selain itu melalui film atau media budaya lainnya, penanaman nilai-nilai kejuangan akan lebih mudah.

“Kita harus melakukan langkah budaya seperti yang dilakukan oleh AS membuat film-film tentang Perang Vietnam. Di perang yang sesungguhnya AS kalah, tapi dalam film-film, pasukan AS selalu menang,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa film tentang Jenderal Soedirman ini berbeda dengan film-film perjuangan TNI lainnya seperti G 30 S PKI. Film ini tidak ada konflik kepentingan politik, karena memang untuk membangun jiwa kepahlawanan, kenegarawanan dan nasionalisme anak bangsa.

“Film ini nantinya akan cocok ditonton siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Berbeda dengan film G 30 S PKI,” kata Johan. [Antara]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s