Zona Berita

Putusan MK: Pilgub Papua Wewenang KPU

Foto : Detiknews


JAYAPURA–Zona Damai: Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya mengabulkan seluruh gugatan Pemohon dalam hal ini KPU Pusat terhadap Sengketa Kewenangan Lembaga Negara (SKLN) antara KPU Pusat selaku Pemohon dan DPR Papua selaku Termohon I. Sidang dengan Nomor Perkara 3 SKLN – X /2012.

Dalam putusan tersebut, MK menolak eksepsi Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) sebagai pihak yang bersengketa dengan KPU. MK juga meminta kepada Majelis Rakyat Papua (MRP) untuk memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Sidang yang berlangsung selama 30 menit tentang Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait SKLN antara KPU Pusat sebagai Pemohon dan DPR Papua selaku Termohon I, akhirnya setelah menunggu selama hampir satu bulan lamanya, Rabu (19/9) kemarin siang, di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) RI yang diketuai oleh Moh. Mahfud MD didampingi delapan Hakim Anggota MK yang mana akhirnya memutuskan perkara SKLN antara KPU Pusat sebagai Pemohon dan DPR Papua selaku Termohon I. Dalam sidang putusan MK ini, para pemohon diantaranya KPU Pusat diwakili Ida Budiarti yang hadir bersama Ketua KPU Provinsi Papua, Benny Swenny. Anggota KPU Selfiana Sanggenafa.

Sedangkan dari pihak Termohon I diwakili kuasa hukumnya yakni Taufik Basari bersama anggota DPR Papua diantaranya Thomas Sondegau, Ruben Magay, Carolus Bolly dan Boy Dawir.

Hadir pula dalam Putusan MK ini Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib dan Termohon II atas nama pribadi, DR. Drs. H. Syamsul Arief Rivai, MS. selaku Penjabat Gubernur Provinsi Papua didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Papua.

Majelis Hakim MK RI dalam amar putusannya menyatakan, pemohon berwenang melaksanakan semua tahapan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur di Papua. Termasuk meminta kepada Majelis Rakyat Papua (MRP) untuk memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua.

Balon yang Daftar ke DPRP tetap Diproses

MK menyatakan sah semua bakal calon yang sudah diverifikasi dan ditetapkan oleh DPR Papua yaitu Drs Manase Robert Kambu – Blasius Adolof Pakage, Drs Welington Wenda MSi – Ir Weynand Watori, Habel Melkias Suwae – Yap Kogoya, Lukas Enembe – Klement Tinal, Noch Nawipa – Johanes Woof, John Yohanes Karubaba – Willybradus Magay, Alex Hesegem – Marthen Kayoi. Masing – masing sebagai bakal calan gubernur dan wakil gubernur Papua yang dapat mengikuti tahapan berikutnya.

“Tujuh nama yang sebelumnya telah mendaftar dan diverifikasi oleh DPRP dapat mengikuti tahapan berikutnya dalam Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Papua. Selain itu, KPU juga harus menerima pasangan calon yang sudah ada untuk mengikuti tahapan di MRP,” ucap Ketua Majelis Konstitusi, Mahfud MD saat membacakan putusan.

MK memberikan tenggat waktu 30 hari kepada KPU sejak putusan dibuat untuk membuka kembali pendaftaran bakal pasangan calon dan melanjutkan tahapan pemilihan.

Usai pembacaan putusan juga dibacakan pendapat para hakim anggota terhadap hasil putusan MK ini. Dalam keputusan itu Ketua Majelis Hakim MK Mafud MD kembali menegaskan bahwa wewenang pelaksanaan Pemilukada Gubernur Papua dan wakil Gubernur Papua ada di KPU Papua.

Akan tetapi oleh karena DPR Papua dan gubernur atas pertimbangan kedua lembaga ini telah membuat Perdasus No. 6 Thn 2011 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, sehingga tidak dapat diindahkan. Namun Hakim Ketua Mafud MD bahwa keberadaan Perdasus No. 6 Thn 2011 ini hanya sekali saja dan tidak boleh diberlakukan lagi. ”Pasangan lama dan baru diproses sesuai dengan peraturan Perundang – undang yang berlaku,”tegas Mafud.[dari berbagai sumber]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s