Zona Berita

Densus 88 Tetapkan 3 Tersangka Teroris di Maluku

ilustrasi : VIVAnews


*) Ketiga tersangka berlatih di Poso. Target mereka sudah diketahui

Ambon-Zona Damai: Detasemen Anti Teror 88 Mabes Polri akhirnya menetapkan tiga orang sebagai tersangka teroris yang ditangkap di sejumlah wilayah di Maluku. Senjata mereka masih diteliti lebih lanjut.

“Inisial mereka adalah W, I, S sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka,” kata Wakapolda Maluku, Kombes Harry Prasetyo, kepada wartawan di Polda Maluku, Sabtu 15 September 2012.

Sementara empat orang lainnya yang juga ikut diamankan pada saat penggerebekan, sudah dikembalikan. Karena status mereka hanya sebagai saksi, dan empat orang yang berinisial U, B, J, dan A akan diperiksa kembali jika kemudian ada pendalaman selanjutnya oleh tim penyidik. “Empat ini pada suatu waktu masih akan dibutuhkan untuk pendalaman sebagai saksi,” kata Wakapolda.

Wakapolda menjelaskan, dari hasil penyelidikan diketahui tugas ketiga tersangka itu berbeda. W bertugas sebagai penghubung sel jaringan, I sebagai pemasok senjata, dan S sebagai perantara.

Ketiga tersangka merupakan kelompok teroris jaringan Indonesia timur. Dari hasil penyelidikan awal, ketiga tersangka pernah melakukan latihan militer di Poso dan beberapa wilayah di sulawesi.

Mengenai dua senjata api yang disita dari tersangka, Wakapolda menjelaskan sampai saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan. “Kami belum tahu detilnya,” ujarnya.

Target Diketahui

Hanya saja, kata Wakapolda, kepemilikan senjata dan juga penemuan sejumlah barang bukti lainnya berupa bahan peledak, akan dijelaskan oleh Mabes Polri, sebab tim Densus 88 yang dikirim ke Maluku untuk mengejar para terduga teroris adalah perintah tugas langsung dari Mabes Polri. “Sehingga hal itu menjadi kewenangan Mabes, Mabes yang bisa menjelaskan semuanya,” cetus Wakpolda.

Soal target ketiga tersangka teroris tersebut, kata Wakapolda telah diketahui oleh Mabes Polri, dan yang patut menjelaskannya adalah Mabes Polri. “Kelompok dari mana dan masuk jaringan mana, itu kewenangan Mabes, kami hanya membackup tugas Densus di Maluku,” ucap Wakapolda. [VIVAnews]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s