Zona Berita

Aktivis Pemuda Tolak Perpanjangan Kontrak Karya Freeport di Papua

JAKARTA-Zona Damai: Sejumlah pimpinan organisasi kepemudaan tingkat nasional, tokoh serta aktivis pemuda menandatangani deklarasi dan pernyataan sikap menolak perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia (PTFI) di tanah Papua.

Dalam pernyataan sikap yang ditandatangani usai diskusi bertajuk ‘Keterbukaan Informasi Kontrak Karya Freeport, sebagai Penyadaran dan Pemahaman Kedaulatan Indonesia’ di Aston Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Sabtu (11/8) tersebut, para pemuda melihat Indonesia harus berdaulat dalam bidang energi, pertambangan dan sumber daya alam, untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia sesuai amanah UUD 1945.

Dalam rilis yang diterima Jaringnews.com di Jakarta, Senin (13/8), mereka juga menolak dengan tegas perpanjangan kontrak karya PTFI karena bertentangan dengan cita-cita proklamasi, UUD 1945 serta tujuan negara yang harus mensejahterakan dan memandirikan Indonesia.

Dalam pernyataan sikap tersebut juga disampaikan, PTFI harus bertanggung jawab atas segala proses peralihan dan penyerahan tambang emas di Papua dengan itikad baik baik dan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Pemangku kebijakan di negara ini juga diminta turut membantu dan memperkuat tekad dan pernyataan sikap tersebut demi Indonesia yang mandiri, berdaulat dan bermartabat.

Sekjen Gerakan Pemuda Sehat Choir Syarifuddin mengatakan, para pemuda yang tergabung menolak kontrak karya PTFI akan terus membuat diskusi dan penyadaran di wilayah-wilayah (provinsi) dan road show yang melibatkan pimpinan wilayah OKP.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Pemuda Muslimin Indonesia Dawax F. menyatakan sepakat dengan keinginan untuk nasionalisasi semua pertambangan di Indonesia. Dia menegaskan, pihaknya tidak akan melakukan kompromi apapun, apalagi deal politik. “Apapun alasannya, bagi kami pemuda Indonesia, tidak ada lagi Freeport di bumi pertiwi,” tegas dia.

Selain Choir dan Dawax, juga hadir Sekretaris GM Warga Jaya Chairul R., Ketua Umum Ikatan Sarjana Alwasliyah (Isarah) A. Yani Panjaitan, Generasi Muda Kiara Munir Jalil, Generasi Muda Pembangunan Andesti, dan sejumlah pimpinan organisasi kepemudaan lainnya. [jaringnews.com]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s