Zona Berita

Koordinator KNPB Tewas Tertembak

Mako Tabuni (dok.Jubi)

JAYAPURA-Zona Damai : Salah satu koordinator Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mako Tabuni tewas tertembak pada Kamis sekitar pukul 11.50 WIT di Jayapura.

Saat berita ini diturunkan, jenazah korban masih berada di RS Polri Bhayangkara, Jayapura, untuk menjalani otopsi.

Mako Tabuni tewas tertembak saat berada di kawasan Perumnas Waena. [Antara & MICOM]

Kompas.com memberitakan, amuk massa yang terjadi di lingkaran Perum III Waena Kamis (14/6/2012) terjadi sekitar pukul 09.30 WIT. Aksi itu menyebabkan sedikitnya empat mobil, 20 motor, dan sebuah bengkel hangus terbakar. Selain itu, tiga ruko lainnya juga hangus pada bagian depan.

Foto : detiknews.com


Menurut keterangan saksi mata, demikian Kompas.com, sejumlah orang tiba-tiba marah dan dengan membabi buta menarik sejumlah motor dan membakarnya di tengah jalan. Pemicu amuk massa itu belum dapat dipastikan. Belum ada keterangan resmi dari pihak polisi.

Rusuh itu menyebabkan warga ketakutan. Toko-toko segera ditutup dan jalan menjadi lengang. Bertruk-truk polisi dan TNI dikirim ke Perum III untuk mengamankan situasi. Belum diketahui pasti berapa jumlah korban jiwa yang jatuh.

Menurut catatan Zonadamai.com, Mako Tabuni di kalangan aktivis Papua merdeka dikenal sebagai Ketua I KNPB. Mako Tabuni dan Buchtar Tabuni adalah aspirator KNPB. Aksi-aksi jalanan KNPB biasanya dipimpin oleh kedua orang ini. Saat ini, Buchtar Tabuni sedang dalam tanahan Polda Papua setelah ditangkap pekan lalu (7/6/2012) di Jayapura atas dugaan keterlibatan Buchtar dalam perbuatan pidana yang hingga kini belum dipublikasikan ke media oleh Polda Papua. ***

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s