Zona Editorial

Sikap Istana terhadap Situasi Papua Sudah Tepat

Zona Damai : Insiden penembakan misterius (petrus) di Jayapura yang terjadi beruntun sejak 29 Mei 2012 hingga sekarang, dinilai oleh pihak istana masih berskala kecil. Kendati ‘petrus’ di Jayapura itu sudah memakan banyak korban mulai dari warga asing, warga sipil, hingga aparat militer, namun istana bersikukuh : “Skala kecil dengan korban terbatas, meski tidak boleh dibiarkan”, begitu kata Presiden.

http://zonadamai.wordpress.com/2012/06/12/sby-berantas-pelaku-teror-di-papua/

Sikap ini kontan menuai kekecewaan tokoh-tokoh Papua yang memang selama ini cenderung meminta perhatian ‘lebih’. Istana, dalam hal ini Presiden SBY sendiri, membandingkan apa yang terjadi di Papua tidak sebesar aksi kekerasan di Timur Tengah. Mereka menilai Bapak Presiden telah salah memilih perbandingan.

Hemat saya, sikap Istana sudah tepat. Karena faktanya, tidak ada revolusi atau perang di Papua, meski harus diakui ada masalah politik di sana. Kondisi politik yang telah berlangsung bertahun-tahun di Papua itu masih sebatas ancaman-ancaman separatisme, ataupun konteks politik lokal, yang merembet pada masalah keamanan.

Apakah Pemeritah tidak peka? Tidak juga! Pemerintah telah mengubah pola pendekatan keamanan dengan pendekatan kesejahteraan. Kesenjangan ekonomi dan sosial sedang diatasi, para pelaku pelanggaran HAM sedang diadili, penegakan hukum terus digalakkan, peningkatan SDM generasi muda terus dipacu, dan pertumbuhan ekonomi terus meningkat. Bahwa masih ada kekurangan di sana sini, itulah pe-er untuk dikerjakan bersama, dibenahi dengan satu niat : memajukan Papua dalam bingkai NKRI. Namun yang terjadi adalah masih banyak orang Papua bahkan ada beberapa tokohnya yang belum seiring sejalan. Mereka masih terus berupaya mencari kesejahteraan di lain hati.

Dimuat juga di Kompasiana : http://birokrasi.kompasiana.com/2012/06/13/sikap-istana-terhadap-%E2%80%98petrus%E2%80%99-di-papua/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s