Zona Berita

Mahfud MD: Putusan MK Pertimbangkan Kearifan Lokal

JAYAPURA-Zona Damai: KPU secara resmi telah menggugat DPR Papua ke Mahkamah Konstitusi (MK), terkait proses tahapan penjaringan dan verifikasi calon  gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua, yang saat ini tengah dilaksanakan Pansus DPRP.
KPU menggugat karena merasa kewenangan mereka di ambil alih, tapi MK dalam memberikan putusan tetap mempertimbangkan kearifan lokal.
“Memang benar KPU telah mendaftarkan gugatannya ke MK, kalau tidak salah empat hari lalu dan sudah diregister, tinggal menunggu jadwal persidangan. Namun yang pasti MK dalam memutuskan sebuah perkara selalu menghargai ke arifan lokal,” tandas Mahfud MD Ketua MK kepada wartawan Senin, 11 Juni 2012 di Jayapura.

Apalagi, sambungnya, untuk Papua  diberlakukan undang-undang otonomi khusus, tentu harus berbeda dengan daerah lain di Indonesia. “Papua itu kan ada otsus, jelas berbeda dengan daerah lain, ini juga menjadi pertimbangan MK dalam memutuskan perkara menyangkut Pilkada,” jelasnya.

Salah satu bukti MK selalu mempertimbangkan dan menghargai kearifan lokal, dalam sengketa Pilkada dari Papua tidak pernah mempersoalkan masalah penggunaan noken dalam pemungutan suara. “Di sebagian daerah di Papua ini kan masih ada pemilih pake noken, mereka hanya tunjuk calon tanpa menusuknya, lalu memasukan ke noken. Model ini kan selalu kami hargai sebagai kearifan lokal,”tukasnya. Ditanya apakah penghargaan terhadap kearifan lokal sebuah sinyal bahwa MK akan mementahkan gugatan KPU, Mahfud menyatakan, dirinya belum mengetahui materi gugatan jadi belum bisa membuat kesimpulan.

“Kan gugatan KPU baru di daftar, jadi saya belum mengetahui apa materi gugatan,”tukasnya.

Mahfud juga mengatakan, secara nasional, Pilkada Papua tergolong paling tinggi sengketanya. “Sengketa Pilkada di Papua cukup lumayan yang disidangkan di MK,”jelasnya.(jir/don/l03) [Bintang Papua]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s