Zona Berita

Kapolri: 3 Orang Ditahan Terkait Penembakan di Jayapura

Kapolri, Timur Pradopo


Jakarta-Zona Damai : Penyidikan kepolisian terhadap rentetan penembakan yang terjadi di kota Jayapura, Papua, mulai membuahkan hasil. Tiga orang sudah ditangkap dan menjadi tersangka.

“Itulah yang sekarang terus kita lakukan penyelidikan dan tentunya sudah ada langkah-langkah yang clear. Kemudian ada tiga yang kita tahan, inisial W, V, dan D,” kata Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Hal tersebut dia sampaikan usai mengikuti rapat terbatas masalah Papua di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta, Selasa (12/6/2012).

Menurut Timur, polisi sudah menyelidiki insiden ini sejak bulan Mei hingga Juni lalu. Lokasi kejadian berada di kawasan Jayapura dan Abepura.

Meski begitu, pria berkumis ini belum mau menyebutkan dari kelompok mana para tersangka berasal. Kepolisian masih terus melakukan pengembangan penyelidikan, termasuk menelisik motif di balik aksi keji mereka.

“Tolong sabar, kita baru mengungkap dari dua TKP, pembakaran mobil dan WN Jerman,” terangnya.

Pelaku di Jayapura berbeda dengan di Puncak Jaya

Kadiv Humas Mabes Polri meyakini bila rentetan kasus penembakan di Puncak Jaya dan Jayapura merupakan kasus yang terpisah, tidak dalam satu rangkaian.

“Masing-masing TKP (tempat kejadian perkara) berbeda, antara kabupaten berbeda, Puncak Jaya, Mimika, Jayapura berbeda. Mereka berdiri masing-masing dan belum ada jaringan yang sama,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Saud Usman Nasution, di Jakarta, Selasa (12/6/2012).

Saud mengklaim situasi di Papua kondusif, meski sebagian masyarakat merasa takut untuk melakukan aktivitas malam hari akibat serangkaian aksi penembakan yang meneror provinsi tersebut

“Aparat terus melakukan penjagaan dan melakukan razia,” ujarnya.

Guna mengusut tuntas kasus penembakan terhadap warga sipil dan personel TNI, Mabes Polri menerjunkan penyidiknya yang dipimpin langsung oleh Direktur Tindak Pidana Umum, Brigjen Pol Aridono. Ada 30 tim yang diterjunkan untuk membantu Polda Papua.

Aksi penembakan terhadap sejumlah warga sipil, baik itu warga negara Indonesia dan warga negara asing, terjadi di wilayah Jayapura. Berikut rentetan aksi penembakan di Jayapura:

1. Selasa (29/5/2012), seorang WN Jerman, Dietman Pieper, ditembak saat bersantai di pondok wisata Port Numbay, Distrik Japut, Kelurahan Tanjung Ria, Jayapura. Korban mengalami luka dan dirawat di RS di Singapura setelah sebelumnya dirawat di RSUD Jayapura

2. Senin (4/6/2012), seorang remaja bernama Gilbert Febrian Madika (16) menjadi korban penembakan orang tidak dikenal di kawasan Skyline Jl Raya Jayapura-Abepura sekitar pukul 21.30 WIB.

3. Selasa (5/6/2012), sekelompok orang tidak dikenal melakukan penembakan terhadap 2 orang warga sipil, Iqbal Rival dan Hardi Javanto. Peristiwa tersebut terjadi di Jayapura, atau tepatnya Jl Raya Jayapura menuju Abepura.

4. Seorang anggota TNI, Pratu Frangki Kune (25) ditemukan terkapar bersama dua warga sipil yang ditembak Orang Tak Dikenal (OTK) pada Selasa (5/6/2012). Ketiganya selamat dan saat ini tengah dirawat di RSUD Dok-2 Jayapura. Lokasi kejadian juga terjadi di Jl Raya Jayapura menuju Abepura.

5. Rabu (6/6/2012) sekitar pukul 21.10 WIT, di Jl Baru belakang Kantor Walikota Jayapura, terjadi penembakan yang dilakukan orang tidak dikenal. Korban atas nama Arwan Apuan, yang bekerja sebagai PNS Hubdam XVII/Cendrawasih. Arwan mengalami luka tembak pada leher kiri tembus rahang kiri. [DetikNews]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s