Zona Berita

Pawai Ta’aruf MTQ Sebarkan Pesan Damai

Pawai Perkenalan (Taaruf) oleh 33 Kontingen MTQ, Kamis (7/6/2012) berlangsung meriah di Kota Ambon.

AMBON – Zona Damai : 33 Kontingen Musabaqah Trilawatil Qur’an (MTQ) XXIV tingkat Nasional di Kota Ambon, Kamis (7/6/2012) ambil bagian dalam pawai ta’aruf sebagai rangkaian pelaksanaan MTQ. Dalam pawai itu, puluhan kafilah menyerukan pesan damai dari Ambon untuk Indonesia.

Pawai dimulai sekitar pukul 02.30 wit dari Kawasan Tantui, tepatnya di depan Markas Brimobda Maluku. Kontingen dari 33 provinsi ini lalu berpawai melewati sejumlah jalan di Kota Ambon, seperti Jalan Jenderal Sudirman di Kawasan Batu Merah, Jalan Tulukabessy di Kawasan Mardika hingga Jalan AY Patty dan AM Sangadji yang berada di pusat Kota Ambon, sebelum finish di Jalan Yos Sudarso.

Menarik, dalam pawai ta’aruf ini, hampir seluruh kafilah menyerukan pesan damai baik lewat spanduk yang terpampang di kendaraan hias, maupun lewat pengeras suara yang dibawa masing–masing kontingen. “Damailah negeriku, damailah Tanah Airku, perbedaan tidak harus membuat kita saling tercerai berai, tapi mari jadikan itu sebagai kekuatan untuk kita membangun negeri ini yang lebih maju lagi,” seru salah seorang kafilah dari Jawa Timur.

Kafilah dari Sumatera Utara, bahkan mengungkapkan, kedatangan mereka di Kota Ambon bukan sekadar untuk menjadi juara MTQ, namun untuk menyebarkan pesan damai di Kota Ambon. “Kami datang dari jauh bukan sekadar untuk mencari juara umum MTQ, namun lebih daripada itu kami ingin belajar perdamaian dan toleransi dari Kota Ambon, dan juga ingin menyebar pesan damai bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap mereka.

Tidak ada sedikitpun rasa khawatir yang melintas di benak para kafilah, mereka bahkan tersenyum dan sesekali melembaikan tangan bagi warga Ambon yang menonton jalannya pawai tersebut. Uniknya pula, sejumlah kendaraan pawai ta’aruf ada yang dibuat menyerupai Masjid, Gereja, Pura Wihara dan simbol–simbol keagamaan lainnya. Meski diguyur hujan, pawai ini tetap berjalan lancar dan tertib.

Warga Ambon Sambut Antusian

Sekitar 100.000 warga tumpah ruah di jalan jalan utama Kota Ambon, yang dilalui oleh pawai 33 kontingen Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an XXIV tingkat Nasioanl di Kota Ambon, Kamis (7/6/2012). Warga memadati sejumlah ruas jalan mulai dari Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Tulukabessy, Jalan AY Patty, Jalan AM Sangadji dan sejumlah jalan lainnya.

Warga kota dari berbagai latar belakang suku, agama dan golongan berbaur menjadi satu dalam suasana kegembiraan, saat satu per satu kontingen pawai ta’aruf melewati kerumunan warga. Meski Kota Ambon diguyur hujan, namun semangat warga untuk melihat pawai tersebut dari dekat tidak dapat dibendung, Polisi bahkan kesulitan untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas di sejumlah jalan di Kota Ambon.

Antusias warga untuk menyaksikan pawai ini, bukan hanya ditunjukan warga Muslim yang ada di Kota Ambon, ribuan warga non muslim juga larut dalam sukacita menyambut kontingen pawai ta’aruf. Mereka terlihat berdesak–desakan untuk melihat kontingen pawai ta’aruf. Uniknya, sambutan warga Kota Ambon begitu luar biasa. Mereka bahkan melambaikan tangan, dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah.

Demi memperlancar arus lalulintas, polisi terpaksa menutup sejumlah ruas jalan di Kota Ambon. Namun di sejumlah jalan lain terjadi kemacetan parah, bahkan hingga berita ini diturunkan masih terjadi kemacetan. [KOMPAS.com]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s