Zona Berita

Deny Indrayana Makin Ngelantur, Kasus Corby Dibarter Soal Papua

karikatur : inilah.com

JAKARTA-Zona Damai :  Alasan pemberian grasi oleh presiden terhadap terpidana narkotika asal Australia Schapelle Leigh Corby terkait persoalan di tanah Papua. Namun, pernyataan ini langsung mendapat kritikan keras dari Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin, ini pernyataan yang disampaikan, Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana.

“Pendapat Wamenkum dan HAM Denny Indrayana bahwa pemberian grasi dari presiden terhadap warga negara Australia Corby, salah satu alasannya adalah agar Australia mendukung Indonesia dan tidak mengganggu Papua merupakan pendapat yang ngawur,” kata TB Hasanuddin kepada Mediaindonesia.com, Minggu (27/5).

Menurutnya, pernyataan yang dilontarkan Wamenkum dan HAM itu tidak dapat diterima.

Hasanuddin pun lantas menjelaskan beberapa alasannya. Pertama, menurutnya, integrasi Papua dalam NKRI merupakan sesuatu yang sudah final yang tidak bisa ditukar apa pun. Kedua, politikus PDI Perjuangan itu pun menilai pernyataan itu dapat merugikan politik luar negeri Indonesia.

“Seolah olah kita siap membuka upaya bargaining soal Papua dengan dunia internasional,” ujarnya.

Kemudian terakhir ia menegaskan kalau dalam hal politik luar negeri tidak ada aturannya untuk menukar seorang penjahat dengn wilayah kedaulatan sebuah negara.

Seperti diketahui, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memberikan pengurangan hukuman lima tahun penjara dari hukuman 20 tahun penjara yang harus dijalani Corby. Atas pengurangan tersebut wanita yang kedapatan membawa empat kilogram marijuana itu pun hanya tinggal menjalani sekitar 6 tahun 4 bulan sisa hukuman. [RIMANEWS]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s