Zona Berita

3.274 Personel Gabungan Amankan MTQ Nasional di Ambon

AMBON-Zona Damai : Sebanyak 3.274 personel gabungan TNI/Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan mengamankan MTQ XXIV tingkat nasional di Ambon, 8-19 Juni 2012.

Pangdam XVI/Pattimura Majen TNI Suharsono saat pertemuan dengan Menteri Agama di Gedung Islamic Centre, Kamis (24/5), menjelaskan, pasukan gabungan itu akan mengamankan acara pembukaan MTQ oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga berakhirnya kegiatan tersebut.

Dia mengakui, ribuan personel itu di antaranya dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sebanyak 50 orang, TNI-AD (1.540), TNI-AL (526), TNI-AU (152) Polisi 943 personel serta 63 anggota Satpol PP.

“Selain personel yang sudah disiapkan, sebanyak dua kompi TNI-AD dari Yonif 732 Ternate Provinsi Maluku Utara juga kita geser untuk membantu kekuatan pengamaman MTQ di kota Ambon,” kata Suharsono.

Menurut Pangdam, saat ini baik pasukan TNI maupun Polri sebagian sudah ditempatkan pada pos-pos pengaman di sejumlah kawasan di ibu kota Provinsi Maluku tersebut.

Sedangkan pengamanan VVIP terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan rombongan juga menjadi fokus utama dan dikoordinasikan dengan Paspampres. Sedangkan untuk pengamanan kafilah dari 32 provinsi, ditempatkan empat hingga enam personel gabungan yang bertugas selama 24 jam.

“Masing-masing satu pesawat serta helikopter, kapal Angkatan Laut (KAL) serta kapal patroli polisi juga disiagakan mendukung operasi pengamanan MTQ,” kata Suharsono.

Selain pengamanan terbuka juga dilakukan secara tertutup guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan dan dapat menggangu kondusifitas keamanan selama MTQ berlangsung.

Menteri Agama Suryadharma Ali meminta aparat kepolisian dibantu personel TNI-AD di Maluku, lebih meningkatkan pengamanan jelang dan selama pelaksaan kegiatan bernuansa Islami itu berlangsung.

“Kejadian sekecil apapun harus segera ditanggapi sehingga tidak berdampak menggangu situasi keamanan di Maluku menghadapi pelaksanaan MTQ di kota Ambon,” kata Suryadharma Ali.  [MICOM]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s