Zona Berita

Pelajari Konflik, Komisi I ke Ambon

Mobil water cannon polisi menyemprotkan air ke rumah yang terbakar dalam bentrok antarwarga di Kota Ambon, Selasa (15/5/2012).

JAKARTA – Zona Damai :  Enam anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat bertolak ke Ambon, Selasa (22/5/2012) malam, untuk mempelajari berbagai konflik yang terjadi di wilayah itu. Salah satunya bentrokan antarwarga yang terjadi saat peringatan Hari Pattimura ke-195 pertengahan Mei lalu.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin yang menjadi ketua rombongan melalui pesan singkat, Selasa. Tubagus menjelaskan, pihaknya akan bertemu dengan Badan Intelijen Negara di Ambon, tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama, Gubernur, Kepala Polda, Pangdam, Kepala Kejaksaan Tinggi, dan Ketua DPRD.

Sebelumnya, Tubagus mengatakan, bentrokan terakhir di Ambon perlu diwaspadai. Menurut dia, ada pihak-pihak yang ingin memanfaatkan situasi di Ambon. “Ada yang mau memanfaatkan situasi, memancing di air keruh,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Mantan Sekretaris Militer itu mengaku sudah menerima informasi bahwa akan ada kerusuhan sebelum bentrokan terjadi. Ujungnya, berkaitan dengan kepentingan pilkada akhir tahun ini. Informasi itu, tambahnya, terkait penetapan calon kepala daerah yang sama-sama ingin maju.[KOMPAS.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s