Zona Berita

Kapolda: OPM Bikin Kacau, Saya Tangkap

Kapolda Papua Irjen Polisi Bigman Lumban Tobing, SH didampingi Panitia Nasional Raimuna Nasional ke-X saat meninjau kesiapan pembangunan fasilitas, sarana dan prasarana kegiatan Raimuna Nasional ke – X di Bumi Perkemahan Waena, Jayapura, Senin (21/5/2012).

Jayapura – Zona Damai : Pernyataan Koordinator Revolusi TPN/OPM  yang juga pimpinan TPN/OPM wilayah Perbatasan Lamberth Pekikir akan mengibarkan Bendera Bintang Kejora (BK) pada HUT OPM 1 Juli dan saat kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono  ke Papua  dalam rangka membuka kegiatan Raimuna Nasional ke – X  di BUPER Waena, tanggal 25 Juni 2012, ditanggapi
Kapolda Papua Irjen Polisi Bigman Lumban Tobing, SH.

Menurut Kapolda, situasi kamtibmas di wilayah Papua saat ini saat sangat kondusif walaupun beberapa waktu terkakhir telah terjadi sedikit gangguan kamtibmas di wilayah Puncak Jaya, dan adanya upaya-upaya dari sekelompok masyarakat yang hendak memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia namun secara keseluruhan situasi kamtibmas tetap kondusif.
“Kita semua warga masyarakat termasuk media juga turut bertanggung jawab dalam menciptakan situasi Papua kondusif.”katanya.

Dikatakan, sebagai tuan rumah pelaksanaan Raimuna ke – X kita semua bertanggungjawab dalam menciptakan situasi Papua menjadi kondusif dan anda rekan-rekan wartawan juga mempunyai tanggung jawab dalam menciptakan situasi kondusif di Papua,dengan memberikan pemberitaan yang sejuk soal keamanan di Papua”jelas Kapolda.

Saat disinggung adanya pernyataan Pimpinan Organisasi Papua Merdeka Wilayah Keerom, Papua, Lamberth Pekikir bahwa kedatangan SBY ke Papua akan disambut dengan pengibaran bendera bintang kejora (lambing separatis Papua) Kapolda Papua yang ditemui wartawan  usai meninjau kesiapan pembangunan fasilitas di arena bumi perkemahan Waena, Jayapura, Senin 21/05 menegaskan, pihaknya akan menindak tegas setiap kelompok yang berupaya mengganggu stabilitas keamanan di Papua.

” Saya akan tangkap dan tindak tegas itu kelompok-kelompok yang hendak mengacaukan situasi di daerah ini,” tegas Kapolda Bigman.

Adanya penambahan Pasukan keamanan menjelang kedatangan SBY ke Papua menurut Kapolda tidak ada penambahan pasukan dalam pengamanan kunjungan orang nomor satu di republic ini dan dalam pengamanan pelaksanaan Raimuna Nasional ke – X , hanya Aparat organik TNI dan Polri yang ada di Papua cukup untuk melaksanakan tugas Pengamanan tersebut.

Lebih lanjut Kapolda mengharapkan  situasi dan kondisi Kamtibmas di Papua yang telah berjalan baik agar  tetap dapat dipelihara dan dijaga dengan kerja sama semua komponen masyarakat di daerah Ini. Agar kegiatan Raimuna Nasional ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Pelaksanaan Raimuna Nasional ke – X akan berlangsung di bumi perkemahan (BUPER) Waena, yang akan berlangsung mulai tanggal 25 Juni 2012 sampai dengan 01 Juli 2012, dan akan di buka secara resmi oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Kegiatan akbar ini juga akan diikuti sekitar 10.000 peserta anggota Pramuka dari Pramuka Penegak, usia 16-20 tahun, dan Pandega, 21-25 tahun. Pesertanya perwakilan dari Kwartir Cabang Kabupaten dan Kota se-Indonesia. Serta  Delegasi kepanduan dari empat negara ikut turut serta, yakni PNS, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.[Bintangpapua.com]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s