Zona Berita

Presiden Baru Timor Leste Dilantik

Presiden Matan Ruak dilantik Minggu, 20/5/2012 sebagai Presiden ke-3 Republik Demokratik Timor Leste (RDTL)

*) Taur Matan Ruak dilantik dalam Perayaan HUT ke-10 Kemerdekaan Timor Leste

Dilli-Zona Damai : Presiden terpilih, Taur Matan Ruak, bekas gerilyawan Timor Timur ini, Minggu (20/5/2012) diambil sumpahnya sebagai presiden menggantikan Jose Ramos-Horta di Plaza Tasitolu, Dilli.

Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono juga hadir dalam acara pelantikan itu. Usai pelantikan, SBY bertemu Presiden Taur Matan Ruak di Istana Presiden Timor Leste Palacio Presidencial Nicolau Lobato, Dili. Pertemuan itu merupakan pertemuan resmi pertama antara presiden Yudhoyono dengan Presiden Taur Matan Ruak.

Sehari sebelumnya, Presiden Yudhoyono dan Presiden Ramos Horta menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama kedua negara di sejumlah sektor, antara lain kepemudaan. Presiden juga menerima penghargaan dari pemerintah Timor Leste yang disampaikan oleh Presiden Ramos Horta, kemudian melakukan pertemuan dengan PM Timor Leste Xanana Gusmao. Pada sore hari, Kepala Negara mengunjungi Taman Makam Seroja dan Santa Cruz.

Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono memberikan ucapan selamat kepada Presiden baru RDTL Matan Ruak

Tantangan Berat

Presiden Tuar Matan Ruak menghadapi tantangan berat untuk membangun negara kecil bekas propinsi Indonesia itu.

“Di masa lalu kita diminta untuk mengorbankan jiwa dan darah kita, tetapi hari ini kita diharapkan untuk berkeringat dan bekerja keras” tegas Matan Ruak.

“Tradisi kerja keras dan dedikasi kepada bangsa kita harus dilanjutkan, untuk mengangkat rakyat kita dari kemiskinan,” katanya.

Presiden ketiga Timor Leste ini berharap pemilu parlemen mendatang akan menghasilkan pemerintahan yang mampu membangun sektor perminyakan dan pariwisata.

Menlu Clinton

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton hari Senin (21/5/2012) mengucapkan selamat kepada Timor Leste atas ulang tahun ke-10 kemerdekannya pada 20 Mei 2012.

Hillary Clinton juga mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden baru Timor Leste, Taur Matan Ruak.

Dalam pernyataan yang dirilis hari Senin, Clinton mengatakan Amerika terus berkomitmen untuk memperkuat kemitraan bilateral guna memajukan demokrasi, kebebasan dan HAM dalam dekade mendatang.

Menurut Clinton, banyak sekali yang dirayakan rakyat Timor Leste. Pertumbuhan ekonominya, situasi keamanan yang stabil, dan proses rekonsiliasi yang kini sudah berjalan termasuk didalamnya, kata Clinton.

Clinton mengucapkan selamat kepada presiden baru Timor Leste, Taur Matan Ruak dengan menyatakan kepadanya bahwa dukungan penuh rakyat Amerika selagi ia memulai masa jabatannya yang baru.

Manager Bank Dunia untuk Timor Leste Luis Constantio mengatakan,  telah banyak kemajuan yang dicapai dalam 10 tahun, termasuk menurunnya angka kematian bayi. [ricard]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s