Zona Berita

Panglima TNI: Ada Beberapa Masalah di Papua

Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono

Jakarta – Zona Damai : Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menyatakan kasus penembakan oleh kelompok bersenjata di Papua beberapa waktu belakangan ini adalah tindakan kriminal. Ini terkait dengan sejumlah masalah di Bumi Cenderawasih itu.

“Kita menyebutnya itu kelompok bersenjata. Kalau dalam konteks penegakan hukumnya, itu adalah kriminalitas,” ujar Agus di Hotel Sultan, Jakarta, Senin 21 Mei 2012.

Agus mencermati bahwa masalah di Papua tersebut terjadi karena beberapa hal. “Ada beberapa masalah di sana. Bisa konteksnya ekonomi, politik, semuanya ada disitu,” kata Agus.

Menurut Agus, di Papua masih ada gerakan politik untuk melepaskan diri dari NKRI. “Kalau kita pahami yang politiknya, yang juga masih ada di beberapa tempat. Contohnya tindakan yang menyatakan memerdekakan diri, itu kan kaitannya dengan politik. Tapi kalau yang kita hadapi di TNI itu rata-rata kelompok bersenjata,” kata Agus.

Aksi penembakan di Papua terus terjadi. Terakhir pada 17 Mei 2012, seorang tukang ojek tewas ditembak oleh kelompok sipil bersenjata yang diduga anggota OPM, di Mulia Puncak Jaya tepatnya di Kampung Yalinggua. Namun, saat aparat Gabungan Polri/TNI melakukan penyisiran di lokasi kejadian, tiga warga tertemebak [vivanews.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s