Zona Hukum

Kasus Kekerasan Pilkada dari Aceh hingga Papua

Pembakaran mobil tim sukses calon bupati Aceh Timur (18/3/2012). Foto : newsbidikacehdaerah.blogspot.com

Oleh : Ir. Sarjito

Zona Damai : Sejak ketentuan tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tidak lagi dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tetapi dipilih secara langsung oleh masyarakat yang memiliki hak pilih, rakyat seakan mendapat “kewenangan” untuk main hakim sendiri.

Tidak sedikit calon Kepala Daerah mendapat teror dan intimidasi dari kelompok pendukung calon lainnya. Di Aceh, rumah calon bupati Aceh Utara dari jalur Independen (Misbahul Munir ST) pernah diberondong tembakan dan dilempari bom molotov pada Januari 2012 yang lalu. Dua bulan kemudian (20/3/2012) mobil tim sukses pasangan calon kepala daerah Kab. Aceh Utara dari koalisi partai politik, (Sulaiman Ibrahim dan T. Syarifuddin) dibakar orang tak dikenal. Hal yang sama juga menimpa mobil tim sukses calon bupati Aceh timur Muslim Hasballah dan Marwi, yang maju melalui jalur perseorangan.

http://admin.atjehpost.com/read/2012/03/20/4692/40/5/Foto-foto-Mobil-Timses-Calon-Bupati-Aceh-Utara-Sulaiman-Syarifuddin-Setelah-Dibakar

Menurut LSM lokal di Aceh, (The Aceh Institute dan Forum LSM Aceh), tiga kasus itu hanyalah sebagian kecil dari 40 kasus kekerasan Pilkada yang mereka temukan di Provinsi NAD itu.

Kekerasan Pilkada juga terjadi di daerah lainnya. Para pengurus Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di sejumlah daerah pernah mengalami teror dan intimidasi. Bahkan tak jarang, Kantor KPUD menjadi sasaran amuk massa. Seperti yang terjadi di Mamuju, Sulbar misalnya. Juli tahun lalu Kantor KPUD Mamuju itu dirusak massa.

Kejadian yang sama juga menimpa Kantor KPU Provinsi Papua pada Rabu (9/5/2012). Menurut saksi mata yang berada di tempat kejadian, para pelaku datang dengan 6 mobil jenis Toyota, kemudian langsung melakukan pelemparan dan perusakan sejumlah kaca jendela maupun pintu masuk di Kantor KPU. Para pegawai KPU yang saat itu sedang bekerja di dalam kantor terpaksa harus berhamburan menyelematkan diri. http://www.antaranews.com/berita/310043/polisi-tetapkan-14-tersangka-pengrusakan-kantor-kpu

Pembakaran rumah Gubernur terpilih Papua Barat Abraham O Atururi di Manokwari (20/12/2011). Foto : m.jpnn.com

Masih di wilayah Papua, akhir tahun lalu (20/12/2011) rumah kediaman pribadi Gubernur terpilih Papua Barat Abraham O Atururi, di Jalan Rendani Manokwari dibakar massa. Massa juga melakukan pemalangan sejumlah ruas jalan dan membakar 31 unit sepeda motor , 9 unit mobil da 2 speedboat.

http://m.jpnn.com/news.php?id=111853

Masih banyak kasus-kasus kekerasan yang bisa kita tambahkan dalam daftar panjang kekerasan Pilkada. Apalagi jika kita sepakat bahwa black campaign juga termasuk kekerasan Pilkada. Lepas dari siapa pelakunya dan motif apa di baliknya, kasus-kasus kekerasan dalam Pilkada atau Pemilukada tersebut adalah potret buram kehidupan demokrasi di negeri ini. Pilkada damai, jujur dan bebas dari berbagai aksi kekerasan dan intimidasi masih sebatas semboyan belaka. Padahal, masyarakat pemilih menginginkan Pemilukada bisa berlangsung dalam suasana aman dan damai.

Solusinya, selain dikembalikan kepada moralitas para kandidat kepala daerah untuk bersaing secara sehat dan bermartabat, penegakan hukum mestinya menjadi pilihan pamungkas. Siapapun pelakunya, apapun motifnya, jika melakukan tindakan anarkis yang berdampak pada terhambat dan terganggunya kelancaran proses Pilkada, harus diberikan ganjaran hukuman setimpal. Ini menjadi pe-er aparat penegak hukum, baik dari kepolisian maupun pihak pengawas pemilu (Bawaslu dan Panwaslu).

Salut kepada Polresta Manokwari dan Polresta Jayapura yang dalam waktu singkat berhasil menangkap para pelaku perusakan, serta menyeret mereka ke Pengadilan untuk menjalani proses hukum. *** [Kompasiana]

http://politik.kompasiana.com/2012/05/12/kasus-kekerasan-pilkada-dari-aceh-hingga-papua/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s