Zona Berita

SBY Minta Kapolri Lapori soal Peredaran Senpi

JAKARTA Zona Damai : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunggu laporan Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo soal peredaran senjata api yang dinilai sejumlah kalangan telah mengkhawatirkan.

Peredaran dan penggunaan senjata api diminta disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 20 Tahun 1960 tentang kewenangan perizinan yang diberikan mengenai senjata api dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2002 tentang kewenangan Polri dalam memberikan izin senjata api.

“Nanti akan ada penjelasan dari Kapolri ke Presiden,” kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha kepada para wartawan di Bina Graha, Jakarta, Selasa (8/5/2012).

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution menyatakan, sepanjang tahun 2012 Kepolisian RI telah memberikan izin penggunaan senjata sebanyak 18.030 pucuk.

Jumlah tersebut terdiri dari 3.060 pucuk senjata peluru tajam, 9.800 senjata peluru karet, dan 5.000 pucuk senjata berpeluru gas. Polisi juga telah menggudangkan sekitar 10.910 pucuk senjata pada tahun 2012.

Senjata yang dikumpulkan itu terdiri dari 1.524 pucuk senjata api berpeluru tajam, 5.812 pucuk senjata peluru karet, dan 2.863 pucuk senjata berpeluru gas. Senjata-senjata tersebut ditarik dari pemiliknya karena tak memiliki izin.

Setara Institute mengatakan, izin kepemilikan senjata api telah menjadi ladang bisnis. DPR RI didorong untuk melakukan audit peredaran senjata api.

Tak hanya itu, Mabes Polri dinilai enggan menarik peredaran senjata api di kalangan sipil. Ini menegaskan bahwa Polri sengaja membiarkan peredaran senjata api secara liar dan tak bertanggung jawab.

“Perlu diingat bahwa berbagai aksi penembakan yang tidak teridentifikasi atau malah dikaburkan proses identifikasinya disebabkan oleh tidak terkontrolnya peredaran senjata api. Polri selalu berlindung bahwa peredaran senjata api bukan melulu karena izin yang diberikan akan tetapi juga diwarisi dari konflik-konflik yang terjadi di sejumlah daerah,” kata Ketua Setara Institute Hendardi, dalam siaran pers, Selasa (8/5/2012). [KOMPAS.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s